Struktur Sosial dan Pola Interaksi: Analisis Perubahan Relasi Kelas dalam Masyarakat Digital

Authors

  • Ahmad taufik Program Studi Pendidikan Penjaskes, Institut Pendidikan Nusantara Global, Lombok Tengah, indonesia
  • Wahidatul murtafi'ah Program Studi Bahasa Indonesia, Institut Pendidikan Nusantara Global, Lombok Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/seikat.v4i4.1650

Keywords:

struktur sosial, pola interaksi, masyarakat digital, relasi kelas, perubahan social

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan terhadap struktur sosial dan pola interaksi masyarakat. Perubahan ini tidak hanya terlihat pada cara individu berkomunikasi, tetapi juga pada relasi sosial yang melibatkan transformasi posisi, peran, dan kelas dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat digital menciptakan ruang interaksi baru yang bersifat horizontal dan fleksibel, sehingga menggeser pola relasi tradisional yang cenderung hierarkis. Media sosial, platform digital, serta ekonomi berbasis teknologi membentuk kelas-kelas baru yang ditentukan oleh akses terhadap informasi, keterampilan digital, serta kemampuan mengelola jejaring online. Fenomena ini menunjukkan adanya pergeseran dari dominasi kelas berdasarkan kepemilikan modal material menuju dominasi berbasis modal simbolik dan digital. Melalui analisis struktur sosial dan pola interaksi, penelitian ini menyoroti bagaimana masyarakat digital menghadirkan peluang inklusivitas sekaligus melahirkan bentuk ketimpangan baru. Hasil kajian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai dinamika relasi kelas dalam konteks perubahan sosial di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhazi, E., Azahra, N., & Sujana, M. (2025). DINAMIKA DAN FAKTOR-FAKTOR PERUBAHAN STRATIFIKASI SOSIAL DI BANTEN. HUMANITIS: Jurnal Homaniora, Sosial Dan Bisnis, 3(1), 143–149.

Alyusi, S. D. (2019). Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Prenada Media.

Milyane, T. M., Darmaningrum, K., Natasari, N., Setiawan, G. A., Sembiring, D., Fitriyah, N., Sutisnawati, A., Sagena, U., Nurhayati, S., & Indriana, I. H. (2023). Literasi Media Digital. Penerbit Widina.

Nursida, A., Fatmawati, F., Ismail, L., Maemunah, M., & Mukramin, S. (2025). TRANSFORMASI KEKERABATAN DI ERA DIGITAL: ANALISIS INTERAKSI SIMBOLIK DALAM KOMUNIKASI KELUARGA. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 19(1), 123–135.

Sinambela, S. M., Saragih, M. D., Lumbantobing, J. N. Y., Lase, M., & Iqbal, M. (2025). Dinamika Kebudayaan dan Perubahan Sosial dalam Masyarakat Modern. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(2), 65–75.

Siswadi, G. A., & Puspadewi, I. D. A. (2025). Masa Depan Manusia di Tengah Transformasi Digital Perspektif Filsafat Teknologi Don Ihde. Acintya: Jurnal Teologi, Filsafat Dan Studi Agama, 1(2), 231–250.

Sukmana, O., Sulistyaningsih, T., Damanik, F. H. S., Wahyudi, F. D., Ras, A., Astari, F., Agustang, A. D. M. P., Tantri, E., Adnan, R. S., & Nur, M. (2025). Sosiologi Digital: Transformasi Sosial di Era Teknologi. Star Digital Publishing,.

Syah Abadi Mendrofa, S. E., Saputra, J., Kom, M., Afriansyah, M., Kom, M., Sudarsono, S. E., Pasaribu, J. P. K., SE, M., Siyamto, Y., & Sy, S. E. (2024). The Power Of Digital Marketing. MEGA PRESS NUSANTARA.

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Ahmad taufik, & Wahidatul murtafi’ah. (2025). Struktur Sosial dan Pola Interaksi: Analisis Perubahan Relasi Kelas dalam Masyarakat Digital. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 4(4), 453–458. https://doi.org/10.55681/seikat.v4i4.1650