MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP DAN KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT BAKTI SOSIAL “PENJUALAN BAJU BEKAS”

Authors

  • Suryati Eko Putro Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Surabaya
  • Totok Mardianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Surabaya
  • Rama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Surabaya
  • Kiki Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Surabaya
  • Andrew Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Surabaya
  • Elisabeth Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i2.57

Keywords:

Jiwa Entrepreneurship, Kepedulian Sosial

Abstract

Program kegiatan pengabdian pada masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Teknologi Surabaya bekerjasama dengan Yayasan Panti Asuhan Sejahtera dan masyarakat sekitar kampus sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi selain kegiatan pendidikan dan penelitian. Kegiatan PkM bakti sosial penjualan baju bekas ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar disamping untuk melatih mahasiswa dalam hal menumbuhkan jiwa entrepreneurship dan kepedulian sosial juga untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dibangku kuliah sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan program studi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Adanya pandemi covid-19 yang mengakibatkan menurunnya tingkat kemampuan daya beli masyarakat terhadap kebutuhan akan pakaian dan kebutuhan lainnya telah mendorong mahasiswa dan tim PkM Universitas Teknologi Surabaya untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial penjualan baju bekas yang masih layak dipakai dengan harga murah. Metode dalam melaksanakan kegiatan PkM ini dibagi dalam 3 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penutupan. Kegiatan PkM ini telah memberikan dampak yang positif terhadap semua pihak yang terlibat. Terbukti dengan respon dari masyarakat yang sangat baik saat mereka datang dan memilih baju yang diakhiri dengan proses pembelian. Kesimpulan dari kegiatan PkM ini diharapkan kedepannya nanti dapat menjadi agenda rutin tahunan dengan peningkatan kualitas dan jumlah item barang yang dijual agar masyarakat bisa terbantu untuk membeli kebutuhannya dengan harga yang lebih murah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Merlin Lenniawati, (2020), “Meningkatkan Kepedulian Sosial Mahasiswa Melalui Pengabdian Pada Masyarakat Para Siswa Taman Kanak-Kanak”, Jurnal Empowerment in the Community, Vol. 1 No. 1 Februarai 2020: 11-20.

Manap, Abdul, (2018), “Manajemen Kewirausahaan”, Jakarta. Mitra Wacana Media.

Radian Atho Al-Faruqi, Roshidayah, Husnia Najmah, Rosa Nikmatul Fajri, (2020), “Kegiatan Bakti Sosial Untuk Membantu Ekonomi Lansia di Desa Jambeyan Pada Era New Normal”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkelanjutan, Vol 4 No. 1 November 2020: 617-619.

Soegoto, Eddi Soeryanto. (2014). “Entreprenership Menjadi Pebisnis Ulung”, Jakarta, PT. Alek Media Komputindo.

Wasty Sumanto. (1984). Pendidikan Wiraswasta. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Putro, S. E., Totok Mardianto, Rama, R., Kiki, K., Andrew, A., & Elisabeth, E. (2022). MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP DAN KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT BAKTI SOSIAL “PENJUALAN BAJU BEKAS”. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 62–66. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i2.57