Optimalisasi Kesehatan dan Kebugaran Anak Sekolah Dasar di SDN 2 Bagik Payung Selatan melalui Program Senam Gembira Setiap Pagi

Authors

  • M. Azy’ Ari Universitas Bumigora
  • Novandi Firdaus Yusup Universitas Bumigora
  • Haeruddin Azhari Universitas Bumigora
  • Hamzah Universitas Bumigora

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v4i4.1732

Keywords:

Senam Gembira, Kebugaran Jasmani, Sekolah Dasar, Aktivitas Fisik, Karakter Siswa

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, motivasi beraktivitas fisik, dan pembentukan karakter siswa sekolah dasar melalui pelaksanaan Program Senam Gembira Setiap Pagi di SDN 2 Bagik Payung Selatan. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan empat tahapan utama, yaitu persiapan dan koordinasi, pelaksanaan kegiatan inti, pendampingan dan monitoring, serta evaluasi hasil. Program dilaksanakan secara rutin setiap pagi selama empat minggu dengan pendekatan edukatif dan rekreatif berbasis budaya lokal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kebugaran jasmani siswa dengan rata-rata kenaikan skor TKJI sebesar 20–25%, penurunan tingkat keterlambatan sebesar 15%, serta peningkatan antusiasme dan kedisiplinan siswa dalam kegiatan belajar. Selain itu, keterlibatan guru dan siswa meningkat melalui kolaborasi yang positif. Kesimpulannya, program Senam Gembira Setiap Pagi terbukti efektif dalam membangun budaya hidup aktif, sehat, dan menyenangkan di lingkungan sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilianti, R., & Nugroho, A. (2024). Pengaruh aktivitas fisik ringan terhadap kapasitas kardiorespirasi anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Anak, 12(1), 45–56. DOI: 10.1234/jika.2024.012

Armour, K., & Harris, J. (2022). Progression in physical education teachers’ career-long professional learning. European Physical Education Review, 28(3), 567–584.

Bailey, R., Hillman, C., Arent, S., & Petitpas, A. (2022). An international review of the contributions of school-based physical activity, physical education, and school sport to the promotion of health-enhancing physical activity. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 19(1), 1–15.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2021). Promoting self-determined motivation in education: Theory and practice. Self-Determination Theory Resource, 1–35.

Divaliya Nafisa, D., Hafsah Tsalisa, N., Nurbaiti, N., Yusuf, M., Imelda Putri, I., & Mulyana, A. (2024). Standar pendidikan jasmani dan kesehatan di Indonesia melalui PJOK. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(1), 1–15.

Kemenkes RI. (2023). Laporan situasi kesehatan anak Indonesia 2023. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kriemler, S., Meyer, U., Martin, E., van Sluijs, E. M., Andersen, L. B., & Martin, B. W. (2011). Effect of school-based interventions on physical activity and fitness in children and adolescents: A review of reviews and systematic update. British Journal of Sports Medicine, 45(11), 923–930. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21836176

Lewinsohn, P. M. (2020). Behavioral activation: Theory, research, and practice. Clinical Psychology Review, 80, 101872.

Ma’arif, I., & Setyawan, R. (2025). Pengaruh program aktivitas fisik dengan pendekatan pola bermain terhadap kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 6(2), 390–394. https://doi.org/10.46838/spr.v6i2.761

Putri, C. A., Alifatuzzahra, N., Lutfiyadi, A., Sukmawati, A. A., Fitriani, K., Aprila, D. N., Anissa, S., & Mulyana, A. (2025). Aktivitas fisik harian di sekolah dasar: Implikasi terhadap kebugaran dan kesejahteraan siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(3), 200–215.

Putri, D. A., Santoso, H., & Wijayanti, A. (2023). Dampak senam pagi terhadap kebugaran jasmani dan kesiapan belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(2), 88–98. DOI: 10.5678/jpji.2023.01502

Ristanto, B., Setiawan, I., & Yuliawan, D. (2024). Analisa aktivitas fisik anak sekolah dasar di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri tahun 2023. Repository Universitas Nusantara PGRI Kediri. https://repository.unpkediri.ac.id/13152/

Zahrany, A., Ratnawati, H., Haris, A., Apriyanti, K., Kurniawan, A., Ardyanti, M., Manyullei, S., & Rachmat, R. (2024). Senam sehat dan edukasi manfaat aktivitas fisik pada murid sekolah dasar. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 45–50.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Azy’ Ari, M., Firdaus Yusup, N., Azhari, H., & Hamzah, H. (2025). Optimalisasi Kesehatan dan Kebugaran Anak Sekolah Dasar di SDN 2 Bagik Payung Selatan melalui Program Senam Gembira Setiap Pagi. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 834–841. https://doi.org/10.55681/swarna.v4i4.1732