PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL FLIPBOOK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MGMP BAHASA INDONESIA SMA KOTA BOGOR

Authors

  • Stella Talitha Universitas Pakuan
  • Rina Rosdiana Universitas Pakuan
  • Ruyatul Hilal Mukhtar Universitas Pakuan
  • Suhilman Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.314

Keywords:

Bahan Ajar, Digital, Bahasa Indonesia, Kompetensi Guru

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah kompetensi guru dalam menyusun bahan ajar digital belum maksimal, guru-guru cenderung hanya menggunakan buku teks dari pemerintah dan atau menggunakan video pembelajaran yang sudah ada di youtube. Berdasarkan permasalahan yang diperoleh dari wawancara dengan Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Bogor tersebut, tim pengabdi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Pakuan bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam membuat bahan ajar, khususnya bahan ajar digital. Solusi terhadap permasalahan tersebut adalah melalui pelatihan pembuatan bahan ajar dengan aplikasi flipbook. Metode pelaksanaan PkM adalah tutorial dan praktik pembuatan bahan ajar digital. Kegiatan pertama adalah berkoordinasi dengan Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Bogor. Selanjutnya, merancang panduan kegiatan. Ketiga, memberikan kuesioner awal dan meminta draf bahan ajar sesuai KD. Keempat, pemberian materi. Kelima, praktik pembuatan bahan ajar flipbook. Keenam, mengetahui respons guru dengan memberikan kuesioner akhir. Ketujuh, pengumpulan hasil bahan ajar flipbook. Dengan tuntutan guru di abad 21 yang harus melek digital, pelaksanaan PkM ini sangat penting. Kemampuan guru dalam mendukung pembelajaran digital sangat penting karena alat digital secara fundamental mengubah sifat pengetahuan dalam arti bahwa peserta didik memiliki kecakapan yang lebih kreatif, aktif, kolaboratif, dan menjadi pribadi yang berwawasan dalam membangun dan mengomunikasikan pengetahuan melalui media digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andarini, T., Masykuri, M., dan Sudarisman, S. (2013). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalui Media Flipchart dan Video Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Gaya Belajar. Jurnal Bioedukasi. Vol. 6(2): 102-119.

Junaedi, Sony. (2021). Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Mahasiswa pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology. Jurnal Bangun Rekaprima Vol.07(2): 80-89.

Indonesia, Presiden Republik. 2006. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.”

Mulyasa, Enco. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurseto, T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 8(1): 19-35.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai Media Perancangan Grafis. Jurnal Ikraith Teknologi Vol. 1(1): 42-68.

Suryosubroto, B. 2009. Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilana, R dan Riyana, C. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7 No 2.

Wahyuliyani, Y., Supriadi U., Anwar S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Jurnal TARBAWY, Vol. 1(1): 69-79.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Talitha, S., Rosdiana, R., Mukhtar, R. H., & Suhilman. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL FLIPBOOK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MGMP BAHASA INDONESIA SMA KOTA BOGOR. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 169–177. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.314