IMPLEMENTASI MANAJEMEN FASILITAS DAN KESELAMATAN DI PUSKESMAS CAMPUREJO KOTA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.864Keywords:
Fasilitas, Keselamatan & ManajemenAbstract
Puskesmas merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang bertanggung jawab menyelenggarakan upaya kesehatan baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif di suatu wilayah kerja puskesmas. Salah satu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan adalah Puskesmas yang menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan harus mengutamakan kesehatan, keamanan, keselamatan pasien, petugas, pengunjung, dan lingkungan kerja. Dalam penugasan residensi ini bertujuan untuk memberikan gambaran keseluruhan mengenai implementasi Manajemen Fasilitas dan Keselamatan(MFK)di Puskesmas Campurejo Kota Kediri. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan memberikan sosialisasi MFK diruang pertemuan Puskesmas Campurejo kota kediri. Yang mana dalam sosialisasi tersebut dilakukan pretes dan post tes untuk mengukur pemahaman peserta dan memberikan umpan balik dengan memberikan bantuan sarana dukung program MFK. Berdasarkan hasil post tes saat sosialisasi ,puskesmas Campurejo sudah memahami manajemen fasilitas keselamatan, akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan sarpras untuk meningkatkan keselamatan baik untuk pasien maupun petugas sendiri. Dengan kondisi tersebut maka penulis ingin menerapkan strategi dalam meningkatkan implementasi manajemen fasilitas dan keselamatan di Puskesmas Campurejo Kota Kediri. Program Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) memperkuat standar fasilitas dan keselamatan. Budaya keselamatan dibangun melalui edukasi berkelanjutan, memastikan aktivitas aman.
Downloads
References
Ulumiyah, N.H. (2018). Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan penerapan upaya keselamatan pasien di puskesmas. Jurnal administrasi Kesehatan. 6(2), 150. doi 10.20473/jaki. v6i2.2018.149-155.
Ferial, L., & Nova, W. (2022). Mutu pelayanan kesehatan meningkat dengan menerapkan keselamatan pasien di puskesmas. Jurnal JOUBAHS. 2(1), 39.
Suranto, D., Chriswardani, S., & Yuliani, S. (2020). Analisis budaya keselamatan pasien pada berbagai tenaga kesehatan di RSUD dr. Soediran mangun sumarso Kabupaten Wonogiri. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 8(1), 49.
Peraturan Pemerintah No.47 Tahun 2016 tentang Fasilitas Pelayanan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5768/pp-no-47-tahun-2016
Peraturan Pemerintan No.88 Tahun 2019 tentang Kesehatan Kerja. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/128642/pp-no-88-tahun-2019
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.11 Tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien. https://www.kemhan.go.id/itjen/2017/03/13/peraturan- menteri-kesehatan-republik-indonesia-nomor-11-tahun-2017-tentang- keselamatan-pasien.html Peraturan Menteri Kesehatan No.27
Tahun 2017 tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/112075/permenkes-no-27-tahun-2017
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.54 Tahun 2015 tentang Pengujian Dan Kalibrasi Alat Kesehatan. https://peraturan.bpk.go.id/Download/107180/Permenkes%20Nomor%2054%20 Tahun%202015.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.