LIMBAH RUMAH TANGGA SEBAGAI ALTERNATIF PUPUK CAIR DI TANGGUL LAUT DESA SUNGAI RENGAS KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Sri Rahayu Fakultas Pertanian, Universitas Panca Bhakti
  • Setiawan Fakultas Pertanian, Universitas Panca Bhakti
  • Ida Ayu Suci Fakultas Pertanian, Universitas Panca Bhakti

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.343

Keywords:

Limbah Rumah Tangga, Alternatif, Pupuk Cair

Abstract

Usaha yang dapat dilakukan untuk membantu petani mengurangi biaya produksi yang semakin meningkat diantaranya membantu dalam penggunaan pupuk. Alternatif pupuk yang dapat dipergunakan serta dapat meningkatkan produksi dan produktivitas, yaitu dengan membuat pupuk sendiri.  Selama ini petani sangat tergantung pada pupuk yang dijual dipasaran, yang pada  saat ini juga sedang mengalami kenaikan harga.

Pembuatan pupuk sendiri dilakukan dengan cara memanfaatkan limbah yang ada disekitar rumah dan halaman atau kebun petani.  Hasil pengamatan selama ini limbah tersebut belum dimanfaatkan, disebabkan ketidak pengetahuan atau karena belum ada penyuluhan yang mengajarkannya, padahal beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian limbah rumah tangga dapat menjadi pupuk bagi tanaman sayur-sayuran seperti terung, sawi, bayam dan lain-lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Association Garden Organic. 2008. Grow Organic. Dorling Kindersley Limeted. Great Britain. London. 352 p.

Singh R..K., Malik N; Singh N. 2013. Improved nutrient use efficiency increase plant growth of rice with the use of IAA- overproducing strains of endophytic Burkholderia ceparia strain RRE25. Microbial Ecol. 66(2): 375-384.

Suntoro. W. A. 2003. Peranan bahan organik terhadap kesuburan tanah dan upaya pengelolaannya. Pidato Pengukuhan Guru Besar Ilmu Kesuburan Tanah. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Rahayu, S., Setiawan, S., & Suci, I. A. (2023). LIMBAH RUMAH TANGGA SEBAGAI ALTERNATIF PUPUK CAIR DI TANGGUL LAUT DESA SUNGAI RENGAS KABUPATEN KUBU RAYA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 185–188. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.343