TUBUH PEREMPUAN DIBALIK JERUJI BUDAYA PATRIARKI (TELA’AH WACANA KRITIS MICHEL FOUCAULT TERHADAP FILM KIM JI-YOUNG : BORN 1982)

Authors

  • Osi Karina Saragih Universitas Palangka Raya
  • Windi Susetyo Ningrum Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/seikat.v2i4.765

Keywords:

Budaya Patriarki, Diskriminasi Gender, Disiplin Tubuh, Panopticon

Abstract

Film Kim Ji-Young: Born 1982 mengisahkan tentang perempuan yang terjerat dalam budaya patriarki di Korea Selatan. Secara tidak langsung, budaya patriarti membuat perempuan tidak leluasa bergerak atau otonomi terhadap tubuhnya sesuai dengan keinginannya. Ternyata kontrol yang diberlakukan oleh kuasa patriarki  melalui cara kerja Panopticon (Pengamatan, Normalisasi dan Hukuman) sangat bias gender seperti terjadinya diskriminasi, subordinasi, dan bahkan eksploitasi tubuh dan pengetahuan atas perempuan secara berkepanjangan. Seharusnya di dalamnya ada relasi (negosiasi) baik antara laki-laki maupun perempuan, baik berkaitan dengan seks, reproduksi, tubuh, pekerjaan, ekonomi, politik, pendidikan, pengetahuan dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk belenggu dari kuasa patriarti yang dialami oleh tokoh perempuan dalam Film Ji-Young. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif menggunakan analisis wacana kritis Foucault dan menggunakan metode semiotika John Fiske. Hasil penelitian adalah Pertama, kuasa laki-laki untuk melakukan kontrol terhadap perempuan yang dianggap sebagai inferior dalam budaya patriarki. Kedua, untuk mempertahankan ranah strategis dengan menempatkan pihak yang dikuasai sebagai subjek yang selalu diintai (Panopticon), dalam hal ini tubuh perempuan dijadikan subjek untuk selalu diintai sehingga pola pikir, tindakan serta aktivitas kaum perempuan selalu berada dalam pengawasan laki-laki yang apabila perempuan melakukan perlawanan maka dianggap mengganggu stabilitas nilai dan norma yang telah berlaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Z.A., & Rachma, I., 2018. netnografi Sebagai Teknik PengumpulanData dan Metode Penelitian. The Journal of Society & Media II (2) : 130- 145

Fiske, John. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi- Edisi ketiga : Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Foucault, Michel. 2000. Sejarah Seksualitas: Seks dan Kekuasaan, terj. Rahayu S. Hidayat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jardine, G. M. 2005. Foucault and Education. New York : Peter Lang Publishing, inc

Prabasmoro, Aquarini Priyatna. 2006. Kajian Budaya Feminis: Tubuh, Sastra dan Budaya Pop. Yogyakarta dan Bandung: Jalasutra.

Ritzer, George. (2011). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Media Group

Tudor, Daniel. 2012. Korea:The Impossible Country . Boston:Tuttle Pup

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Saragih, O. K., & Ningrum, W. S. (2023). TUBUH PEREMPUAN DIBALIK JERUJI BUDAYA PATRIARKI (TELA’AH WACANA KRITIS MICHEL FOUCAULT TERHADAP FILM KIM JI-YOUNG : BORN 1982). SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 2(4), 427–434. https://doi.org/10.55681/seikat.v2i4.765