PERAN MAK ANDAM DALAM PROSESI ADAT PERNIKAHAN MELAYU DI KEPULAUAN RIAU

Authors

  • Doni Febri Hendra Universitas Universal Batam

DOI:

https://doi.org/10.55681/seikat.v2i3.562

Keywords:

Mak Andam, Tahapan Prosesi Adat

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran mak andam dalam pernikahan adat melayu khususnya adat pernikahan melayu di pulau karimun. Tulisan ini merupakan penelitian kualitatif, dimana data diperoleh dengan pengumpulan data secara langsung di lapangan, wawancara dengan narasumber dan dokumentasi. kemudian dianalisis guna memperoleh keabsahan dengan metode etnografi, maka ditemukan sebuah penelitian tentang adat istiadat pernikahan bagi masyarakat karimun sebagian tradisi budaya melayu. Ada beberapa tahapan persiapan yang harus dilakukan oleh calon pengantin melayu dimana prosesi tersebut dikomandani oleh mak andam Didalam pernikahan adat selalu akan memberikan kesan yang sangat luar biasa dan tak bisa dilupakan. mak andam mempunyai peran penting dalam sebuah profesi pernikahan adat Melayu yang dijuluki sebagai pemersatu dua keluarga. prosesi yang akan dilakukan mulai dari sebelum perkawinan (tahap pra-nikah), prosesi persiapan perkawinan (tahap pernikahan), sampai dengan prosesi setelah perkawinan (tahap sebelum menikah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendy, Tenas. 2004. Pemakaian Ungkapan dalam Upacara perkawinan Orang Melayu. Yogyakarta. Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu.

Haryati. 1974. Pantun Sebagai Media Komunikasi: dalam Prosesi Perkawinan Adat Melayu. Pustaka Media Guru.

Malinowski, Bronislaw. 1983. Dinamika Bagi Perubahan Budaya. Terjemahan. Zaharah Ahmad. Kuala Lumpur: Dean Bahasa Dan Pustaka Kementrian Pelajaran Kuala Lumpur.

Swastiwi. Ed. Dedi Arman. 2019. Prosesi adat Pernikahan Melayu. Tanjung Balai Karimun: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun.

Riolan. (2016). Semua Tentang Kabupaten Karimun. https://www.wisatago.com/kabupaten-karimun/ (Sumber : Tata Cara Adat Perkawinan Melayu Di Daik Lingga, 2009). Prosesi Adat Pernikahan Melayu.

http://karimuntourism.com/uploads/1/1/7/6/117667121/prosesi_adat_pernikahan_melay_karimun.pdf.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Hendra, D. F. (2023). PERAN MAK ANDAM DALAM PROSESI ADAT PERNIKAHAN MELAYU DI KEPULAUAN RIAU. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 2(3), 285–299. https://doi.org/10.55681/seikat.v2i3.562