REHABILITASI TRAUMA KORBAN TINDAK PIDANA

Authors

  • Anjelia Debra Universitas Pelita Harapan Medan
  • Nickolas Yohannes Universitas Pelita Harapan Medan
  • Ricky Banke Universitas Pelita Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.55681/seikat.v2i6.1048

Keywords:

Rehabilitasi Trauma, Korban Tindak Pidana, Kesejahteraan Psikologis

Abstract

Rehabilitasi trauma korban tindak pidana merupakan proses kritis untuk memulihkan kesejahteraan psikologis individu yang terpapar kekerasan atau kejahatan. Pendekatan ini melibatkan dukungan psikologis, terapi, dan intervensi holistik guna mengatasi dampak psikologis yang ditimbulkan oleh pengalaman traumatis. Fokus utama adalah membangun kembali rasa aman, mempromosikan pemulihan mental, dan mengembangkan strategi koping yang sehat. Tim profesional, termasuk psikolog dan pekerja sosial, bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung, di mana korban dapat merasa didengar dan dipahami. Rehabilitasi trauma bukan hanya memperbaiki gejala, tetapi juga memperkuat ketahanan individu terhadap stres masa depan. Melalui pendekatan ini, diharapkan korban tindak pidana dapat mengembalikan keseimbangan hidupnya dan memulai perjalanan menuju kesembuhan yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurlaila. (2021). "Geografi Pelayanan Kesehatan Mental: Perspektif Korban di Daerah Terpencil." Bandung : Remaja Rosdakarya.

Pranata. (2019). "Dinamika Perubahan Kebijakan Hukum terhadap Hak Korban di Sistem Peradilan Pidana." Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Rahmawati. (2020). "Metode Penelitian Hukum." Yogyakarta : Penerbit Cendekia.

Santoso. (2019). "Tantangan Ekonomi dalam Akses Rehabilitasi Korban Tindak Pidana." Surabaya : Kencana Press.

Sudarsono. (2020). "Psikologi Trauma: Dampak dan Pemulihan." Jakarta : Pustaka Raya.

Suryani. (2017). "Budaya dan Gender dalam Rehabilitasi Korban Tindak Pidana." Semarang : Penerbit Universitas Semarang.

Widyastuti. (2018). "Stigma Sosial terhadap Korban Kekerasan: Sebuah Tinjauan Budaya." Yogyakarta : Penerbit Gama Media.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Debra, A., Yohannes, N., & Banke, R. (2023). REHABILITASI TRAUMA KORBAN TINDAK PIDANA. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 2(6), 586–591. https://doi.org/10.55681/seikat.v2i6.1048