PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI POLITIK (STUDI KASUS SOSIAL MEDIA DEWAN PIMPINAN WILAYAH PARTAI KEADILAN SEJAHTERA PROVINSI SUMATERA SELATAN)

Authors

  • Milsani Ramkita STIA Bala Putera Dewa
  • Muslim STIA Bala Putera Dewa

DOI:

https://doi.org/10.55681/seikat.v2i6.1009

Keywords:

Media Sosial, Komunikasi Politik, Partai Politik

Abstract

Berkembangnya teknologi komunikasi yang semakin canggih menjadi tantangan bagi partai politik dan aktor politik dalam berkomunikasi. Media sosial menawarkan informasi yang tidak hanya cepat tetapi efisien dan segmentasi yang tepat. Kemampuan media sosial mempunyai kekuatan dalam memengaruhi opini publik bahkan penggalangan dukungan. Oleh karena itu, partai politik atau aktor politik harus mampu mengelola media sosial dan menjadikan media sosial sebagai ruang komunikasi untuk mengoptimalkan komunikasi di berbagai sektor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi politik yang dilakukan Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Sumatera Selatan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi online pada akun media sosial Instagram, Twitter, dan Facebook DPW PKS Sumatera Selatan dan wawancara dengan admin media sosial DPW PKS Sumatera Selatan dan Ketua DPW PKS Sumatera Selatan melalui Google Meet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan media sosial mampu memberikan dampak pengaruh ke publik dengan mengunggah konten berupa video, foto dan infografis serta caption menarik, sehingga publik akan merespons konten tersebut (feedback). Selain itu, media sosial juga sangat membantu dalam proses komunikasi politik seperti menyerap aspirasi publik, komunikasi dua arah dan pesan yang disampaikan lebih jelas dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, Sukma. 2019. Strategy of Political Party Campaign on Social Media (Case Study of Partai Keadilan Sejahtera Indonesia in Criticizing The Indonesian parliament through YouTube). Vol 2 No 1. Desember: 494-498

Anshari, Faridhian. 2013. Komunikasi Politik di Era Media Sosial. Jurnal Komunikasi. Volume 8. Nomor 1. Oktober: 91-101

Azeem, Mohammad Ribhul & Toni, Ahmad. 2018. Strategi Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Dalam Pengelolaan Jejaring Sosial. Volume 10. Nomor 2. Desember: 115 – 130

Bhakti, Sufri Eka. 2020. Ruang Publik dan Media Sosial: Partisipasi Politik Mahasiswa Indonesia. Jurnal kajian media. Volume 4. Nomor 1. Juni: 1-10

Daft, RL. & Lengel, R.H. 1986. Organizational information requirements, media richness and structural design, Management Science. Volume 32. Nomor 5. Mei: 554-71.

Budiyono. 2016. Media Sosial dan Komunikasi Politik: Media Sosial sebagai Komunikasi Politik Menjelang Pilkada DKI Jakarta 2017. Jurnal Komunikasi. Volume 11. Nomor 1. Oktober: 47-62

Hastuti, Sri. 2011. New Media: Teori dan Aplikasi. Surakarta: Lindu Pustaka.

Hikmat, Mahi M. 2018. Strategi Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Citra Positif DPRD dalam PersePKS Rakyat Daerah. Jurnal Common. Volume 2. Nomor 1. Juni: 35-56

Moneter, Bella Adha Hendriana & Susanto, Eko Harry. 2020. Strategi Komunikasi Politik Partai Baru (Studi Kasus Perolehan Suara Partai Solidaritas Indonesia di DPRD DKI Jakarta Pada Pemilu 2019). Volume 4. Nomor 1. Maret: 43-49.

Maulana, Ghaffar & Syam, Hamdani M. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Penggalangan Dana (fundraising) oleh Lembaga Aksi Cepat Tanggap Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah. Volume 4. Nomor 3. Agustus.

Pienrasmi, Hanindyalaila. 2015. Pemanfaatan Social Media oleh Praktisi Public Relations. Jurnal Komunikasi. Volume 9. Nomor 2. April: 199-210.

Tosepu, Yusrin Ahmad. 2018. Media Baru Dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik di Dunia Virtual). Surabaya. CV Jakad.

Susanto, Eko Harry. 2017. Media Sosial Sebagai Pendukung Jaringan Komunikasi Politik. Jurnal ASPIKOM. Volume 3. Nomor 3. Juli: 379-398.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung. Alfabeta.

Wahid, Umaimah. 2016. Komunikasi Politik Teori, Konsep, dan Aplikasi Pada Era Media Baru. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

Ramkita, M., & Muslim, M. (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI POLITIK (STUDI KASUS SOSIAL MEDIA DEWAN PIMPINAN WILAYAH PARTAI KEADILAN SEJAHTERA PROVINSI SUMATERA SELATAN). SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 2(6), 538–546. https://doi.org/10.55681/seikat.v2i6.1009