RELIGIUSITAS DALAM NOVEL ELENA KARYA ELLYA NINGSIH KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

Authors

  • Nurul Khasanah Universitas Pamulang
  • Siti Maemunah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.772

Keywords:

Novel, Religiusitas, Sosiologi Sastra

Abstract

Alasan penulis memilih penelitian ini adalah, karena penulis ingin mengetahui nilai-nilai religiusitas dan bentuk-bentuk sikap religiusitas yang terdapat dalam novel Elena karya Ellya Ningsih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai religiusitas dan bentuk-bentuk sikap religiusitas yang terdapat dalam novel Elena. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menentukan data, mengidentifikasi data, mengelompokkan data, menganalisis data, dan menjelaskan data yang termasuk dalam permasalahan penelitian. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut : nilai-nilai religius yang terdapat dalam novel Elena karya Ellya Ningsih meliputi Aspek iman dengan jumlah data 2, aspek islam 2 data, aspek ilmu 3 data, aspek ihsan 1 data, dan aspek amal 1 data. Sedangkan Bentuk-bentuk sikap religius pada penelitian ini meliputi 1 sikap kejujuran, 2 sikap bermanfaat bagi orang lain, 3 sikap rendah hati, dan 1 sikap visi ke depan atau berfikiran maju.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awalliah, N. F. (2020). Religiositas Tokoh Utama dalam Novel Merindu baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy. Universitas Pamulang.

Faruk. (2017). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jauhari, H. (2010). Nilai Religius dalam Karya Sastra. Bandung: Cv Arfino Raya

Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sujarwa. (2019). Model dan Teori Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustakapelajar.

Suprapno. (2019). Budaya Religius. Malang: Literasi Nusantara.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Khasanah, N., & Maemunah, S. (2023). RELIGIUSITAS DALAM NOVEL ELENA KARYA ELLYA NINGSIH KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 884–891. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.772