PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BOYOLANGU

Authors

  • Khoirunnisya Universitas Bhinneka PGRI
  • Nailariza Umami Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.769

Keywords:

Discovery Learning, Keaktifan Belajar, Metode Pembelajaran

Abstract

Metode pembelajaran dalam dunia pendidikan memiliki tujuan untuk mempermudah proses dan ketercapaian tujuan pembelajaran yang maksimal. Peran – peran guru dalam menyediakan metode pembelajaran yang tepat akan membantu peserta didik untuk memiliki kemampuan yang aktif dalam kegiatan fisik maupun non fisik. Model pembelajaran Discovery Learning (DL) adalah salah satu metode yang dapat di gunakan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata – rata keaktifan antara model pembelajaran Discovery Learning (DL). Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan Uji Independent Samples T Test yang menggunakan rancangan penelitian eksperiment Posttest Only Control Design. Populasi digunakan yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu sejumlah 429 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII K sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 39 siswa dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol sejumlah 39 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest. Dari hasil analisis data terbukti bahwa nilai Sig.0,000 > 0,05 berarti H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 1 Boyolangu”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardelina, A. Y., Ain, N., & Dian Ayu, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(4), 300–312. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.4903

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitiaan Suatu Pendekatan Praktik.

Heryawanti, E. P., Bahri, & Ansyar. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di SMP D-Baito Sunan Plumbon Tembarak Kab. Temanggung Jawa Tengah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 358–365.

Hida Wahyuni, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MAN 1 Lombok Timur. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 101–106.

Lestari, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A SMPN 1 Pedes Karawang Pada Materi Norma dan Keadilan. 4, 1349–1358.

Puspaningtyas, N., Prasetyo, K. H., & Farahsanti, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Dengan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi. Absis: Mathematics Education Journal, 2(1), 11. https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.705

Salo, Y. A. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Kelas Vii Smpn 6 Banda Aceh). Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 297–304. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i3.4825

Sugiyanto, Afrom, R., & Ichyatul. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tema 8 Subtema 3 Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar SDN 1 Menteng Palangka Raya.

Sugiyono. (2011). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Svinicki, M. D. (1998). A theoretical foundation for discovery learning. The American Journal of Physiology, 275(6 Pt 2), 4–7. https://doi.org/10.1152/advances.1998.275.6.s4

Widhiyasari, M., Umami, N., & Suja’i, I. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X Smk Negeri 2 Boyolangu Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 94–98. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/8983

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Khoirunnisya, K., & Umami, N. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BOYOLANGU. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 879–883. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.769