MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PEMBIAYAAN DI SDN RANCAMANYAR 01

Authors

  • Ujang Cepi Barlian Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Sri Haryani Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Desemberi Trianugrahwati Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Jajang Rusmana Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.743

Keywords:

Manajemen, Pembiayaan, Sekolah Dasar

Abstract

Manajemen pembiyaaan menjadi komponen pendidikan yang mempunyai peran yang sangat penting atas berjalannya proses pembelajaran di sekolah. Penyelenggaraan pendidikan yang didukung dengan pembiayaan memadai akan berakibatkan pada berlangsungnya pembelajaran yang optimal. Maka oleh karena itu, dalam kegiatan manajemen sekolah dalam pengelolaan pembiayaan di SDN Rancamanyar 01 meliputi beberapa aspek yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pembiayaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang (1) perencanaan pembiayaan dalam meningkatkan kualitas manajemen sekolah, (2) pengorganisasian pembiayaan dalam meningkatkan kualitas manajemen sekolah, (3) pelaksanaan pembiayaan dalam peningkatan kualitas manajemen sekolah, dan (4) pengawasan pembiayaan dalam meningkatkan kualitas manajemen sekolah. Hal ini mengingat agar SDN Rancamanyar 01 dapat dikelola secara efektif dan efisien khususnya dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis dan pendekatan deskriptif kualitatif.Bedasarkan hasil penelitian yang dipaparkan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen sekolah dalam pengelolaan pembiayaan di SDN Rancamanyar 01 dalam penyusunan anggaran sesuai dengan teori manajemen yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terlaksana dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Q. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan dalam Al-Qur’an. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Akdon dkk. (2015). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Arwildayanto, dkk. (2017). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Widya Padjadjaran

Dian, W. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.

Fatonah, N. (2021). Manfaat Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Mutu Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 474-483.

Fattah, N. (2006). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Handoko, T. (2003). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Hariyanto, M., Purnama, S., Andari, D., & Mila, A. Z. (2023). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN. INOVASI: Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 1(2), 1-9.

Indar, D. (1995). Perencanaan Pendidikan (Strategi dan Implementasinya). Surabaya:Karya Abditama.

Iskandar, J. (2019). Implementasi sistem manajemen keuangan pendidikan. Idaarah, 3(1), 114-123.

Kusumadewi, R. F. (2015). Pembiayaan pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 43-64.

Lisnawati, R. (2017). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kinerja Guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(2), 143-149.

Maujud, F. (2018). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan islam (studi kasus pengelolaan madrasah ibtidaiyah islahul muta’allim pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31-51.

Moleong,L. (2013).Metodologipenelitiankualitatif.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, N., Nasir, M., Mukti, A., Safri, A., Hasibuan, L., & Anwar, K. (2022). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 594-601.

Riadi, A. (2016). Pendidikan Karakter di Madrasah/Sekolah. Ittihad, 14(26), 1-10.

Riyanto. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa Press.

Rusdiana &Wardija. (2013). Manajemen Keuangan Sekolah. Bandung: Arsad Press.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.

Syaodih, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-08-02

How to Cite

Barlian, U. C., Haryani, S., Trianugrahwati, D., & Rusmana, J. (2023). MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PEMBIAYAAN DI SDN RANCAMANYAR 01. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 823–831. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.743