POTENSI BUNGA HIAS DI KENDAL SEBAGAI MEDIA HEALING FLOWER

Authors

  • Andien Narita Putri Warisman Universitas PGRI Semarang
  • Aulia Widiawati Fitriana Dewi Universitas PGRI Semarang
  • Faridatul Zuhriyah Universitas PGRI Semarang
  • Lia Risnawati Universitas PGRI Semarang
  • Rizqi Nova Darillia Universitas PGRI Semarang
  • Septiana Kurniawati Universitas PGRI Semarang
  • Lussana Rossita Dewi Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.709

Keywords:

Healing Flower, Nilai Estetika, Orchidaceae sp, Rossa sp, Tanaman Hias Bunga

Abstract

Tanaman hias bunga merupakan tanaman hias yang paling popuer di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan bunga pada tanaman sangat identik untuk dijadikan hiasan. Bunga tanaman tentunya memiliki berbagai macam bentuk dan warna bergantung pada jenis tanamannya. Salah satu fungsi tanaman, yaitu dilihat dari nilai estetis (aesthetic values). Nilai estetika diperoleh dari perpaduan antara warna (daun, batang, bunga), bentuk fisik tanaman (batang, percabangan, tajuk), tekstur tanaman, dan komposisi tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari berbagai jenis tanaman hias bunga sebagai media healing flower. Penelitian dilaksanakan pada Maret 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan deskriptif kualitatif. Data kualitatif berupa analisis berbagai jurnal referensi terkait dengan artikel yang akan dibuat. Berdasarkan dari hasil observasi yang telah dilakukan, terdapat 12 jenis tanaman hias bunga yang diperoleh dari Toko Bunga Mbak Sri Kaliwungu, 6 jenis tanaman hias bunga di Ayra Flowers Kendal, dan 10 jenis tanaman hias bunga di Hasna Flowers Pegandon. Tanaman hias bunga yang memiliki potensi jika dilihat dari nilai estetika sekaligus sebagai media healing flower, misalnya Orchidaceae sp, Rossa sp, Callistephus chinensis L, dan Iris germanica.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauziah, E., 2018. Pengaruh Pemberian Minyak Esensial Aromaterapi Kenanga terhadap Kualitas Tidur Lansia di Dusun Karang Tengah Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. In: Naskah Publikasi. Yogyakarta: Universitas Aisyiyah.

Kurniawan, H. & Alfian, R., 2010. Konsep Pemilihan Vegetasi Lansekap pada Taman Lingkungan di Bunderan Waru Surabaya. Buana Sains , 10(2), p. 186.

Maulana, S. H. & Setiawan, E. B., 2018. Pemanfaatan Sensor pada Smartphone Android untuk Rekomendasi Pembibitan Tanaman. ULTIMATICS, 10(2), p. 85.

Rejoni, R., 2017. Pemilihan Bentuk Tajuk Pohon dan Perdu yang Mendukung Tampilan Tampak Bangunan, Studi Kasus Bangunan Tanoto Forestry Information Center IPB, Bogor. Faktor Exacta, 10(4), p. 311.

Ruby, B. M., 2015. Bunga Mawar sebagai Sumber Ide dalam Karya Seni Lukis. In: Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret , p. 5.

Sarah, F., 2016. Pengaruh Konsentrasi Giberelin (GA3) terhadap Pertumbuhan dan Pembungaan Krisan (Crysanthemum indicum L.). In: Diploma thesis. Padang: Universitas Andalas, p. 1.

Ulfah M, Rahayu P, Dewi LR. 2015. Kajian Morfologi Tumbuhan pada Spesies Tanaman Lokal Berpotensi Penyimpan Air: Konservasi Air di Karangmanggis, Boja, Kendal, Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia 1(3), 418-422.

Wati, K. W., Suamba, I. K. & Dewi, I. A., 2015. Kinerja Usaha Tanaman Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) pada PT Multi Agro Bali di Desa Sembung Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, p. 37.

Widyastuti, T., 2018. Teknologi Budidaya Tanaman Hias Agribisnis. 1 ed. Yogyakarta: CV Mine.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Warisman, A. N. P., Dewi, A. W. F., Zuhriyah, F., Risnawati, L., Darillia, R. N., Kurniawati, S., & Dewi, L. R. (2023). POTENSI BUNGA HIAS DI KENDAL SEBAGAI MEDIA HEALING FLOWER. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(7), 746–750. https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.709