PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD

Authors

  • Khairun Nawa Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Dara Fitrah Dwi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.707

Keywords:

Hasil Belajar, Prestasi Siswa, Quizziz

Abstract

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Quizziz sebagai media pembelajaran telah mendapatkan validasi yang cukup baik dengan tingkat ketercapaian rata-rata sebesar 83,3%. Selain itu, Quizziz juga terbukti meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa, yang ditunjukkan oleh persentase N-gain sebesar 58,4%. Temuan ini mengindikasikan bahwa Quizziz memiliki potensi sebagai alat yang efektif dalam memfasilitasi proses pembelajaran dan meningkatkan prestasi akademik siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa implementasi Quizziz dapat memberikan kontribusi positif dalam konteks pendidikan dengan cara yang menarik dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, S. 2019. Pengaruh Implementasi Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 32 Jakarta.In Prosiding Seminar Nasional Berseri (pp.842-849).

Amir. A. 2014. Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipultif.Jurnal Pendidikan Agama Islam.1 (IV). Hlm. 72-89.

Arsyad, A. 2015.Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Nurul Hadina. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 6 (1), 2023, 1-10

Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Nurul Hadina. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 6 (1), 2023, 1-10

Benny, A. Pribadi. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Citra, C. A., & Rosy, B. 2020. Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketntang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8 (2), 261-72.

Helma. 2017 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil

Lestari, K. E., dan Mokhammad, R. Y. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Luthfiyanti, Sukmawarti.2022. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Buku Fabel Materi Bangun Datar Kelas IV.Jurnal Penelitian PendidikanVolume 02 Nomor 1 Desember 2022, pp. 98-110

Mudjiono & Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyatiningsih, E. 2011.Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik Yogyakarta: UNY Press.

Noor, Sugian. 2020. Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Matei Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan hasil Belajar Peserta didik kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan. Hayat,1(1), 1-7.

Downloads

Published

2023-07-13

How to Cite

Nawa, K., & Dwi, D. F. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(7), 740–745. https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.707