PENGEMBANGAN EVALUASI HASIL BELAJAR BERBASIS DIGITAL DENGAN APLIKASI EDUCANDY PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 107423 TANJUNG GARBUS
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.706Keywords:
Alat Evaluasi Berbasis Digital, Aplikasi Educandy, Tema Panas dan PerpindahannyaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat evaluasi berbasis digital dengan aplikasi educandy pada tema panas dan perpindahannya , mengetahui tingkat kelayakan alat evaluasi berbasisi aplikasi educandy pada tema panas dan perpindahannya siswa kelas V SD Negeri 107423 Tanjung Garbus dari hasil kelayakan oleh ahli materi, ahli media dan respon angket guru.penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and deveploment) dengan mengacu pada model ADDIE sampai pada tahap deveploment (pengembangan) instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantiitatif. Hasil uji validasi diperoleh bahwa alat evaluasi berbasis aplikasi educandy yang dikembangkan mempunyai kriteria layak digunakan dengan presentasi ahli materi, ahli media 76,7%, Hasil angket respon guru dan diperoleh bahwa alat evaluasi dengan aplikasi educandy yang dikembangkan mempunyai kriteria layak digunakan dengan presentase angket respon guru 96,8%. Dengan demikian alat evaluasi hasil belajar yang dikembangkan ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Fitriati, I., Purnamasari, R., Fitrianingsih, N., & Irawatir, I ( 2021). Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi dan Motivasi Belajar Mahasiswa Bima.Prosiding Penelitian dan Pengabdian 2021, 307 – 312.
Komang, Satemen. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Online, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Universitas Pendidikan Ganesha, Jilid 43 Nomor 3 Oktober 2010
Nazaidah, S., dan Wiratsiwi, W. Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Digital dengan Aplikasi Educandy Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal seminar Nasional Penelitian dan Pengabdi Masyarakat 7 (2): 1196 – 1203.
Nurhabibah, P., Fikriyiah, dan Dewi K. Pengembangan Website Educandy Sebagai Alat Evaluasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 17 (2) : 255 – 264.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ulya Maziyantul. Penggunaan Educandy dalam evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 10 (1) : 55 – 63.
Vivi Pratiwi dan Susanti, Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Wondershare Quis Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap, Jurnal Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Volume 4 Nomor 01 Tahun 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.