REALITAS PENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA POLITAP PADA MATA KULIAH PAI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i6.617Keywords:
Pembelajaran, Pendekatan Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan belajar mahasiswa ditinjau dari motif belajar dan strategi belajar dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Informan dalam penelitian ini dibatasi pada mahasiswa dan mahasiswi pada Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan Pada Politeknik Negeri Ketapang, Kalimantan Barat.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, serta penyebaran kuesioner sebagai data pendukung. Hasil penelitian didapatkan bahwa ditinjau dari motif belajar mahasiswa pada mata kuliah PAI adalah dengan menggunakan pendekatan mendalam (deep approach), sedangkan ditinjau dari strategi belajarnya dalam mata kuliah PAI adalah kecenderungan belajar mahasiswa lebih banyak ke dalam tipe belajar analitis daripada tipe belajar reproduktif dan spekulatif. Implikasinya, harus ada keseimbangan dalam penerapan pendekatan pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student centered learning) dengan pendekatan pembelajaran berpusat pada pendidik (teacher centered learning) dalam pembelajaran PAI.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-4. Jakarta: PT RajaGrafino Persada
Hergenhahn & Matthew H. Olson, Theories Of Learning, Terj. Triwibowo, Cetakan ke-6, Jakarta: KENCANA
J. Moleong, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitiatif. Cetakan ke-27. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Komara, Endang. (2016). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.
Majid, Abdul. (2019). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Cetakan ke-3. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nur Ghufron & Rini Risnawati. (2014). Gaya Belajar: Kajian Teoretik. Cetakan ke-2. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
Nursalim, Mochamad, dkk. (2019). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Cetakan ke-19. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Tafsir, Ahmad. 2008. Filsafat Pendidikan Islami. Cetakan ke-3. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.