PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA KOMBA

Authors

  • Valeria Jeluna Pendidikan Fisika, Universitas Flores
  • Ilyas Pendidikan Fisika, Universitas Flores
  • Hamsa Doa Pendidikan Fisika, Universitas Flores
  • Yulius Dala Ngapa Pendidikan Fisika, Universitas Flores
  • Antonia Fransiska Laka Pendidikan Fisika, Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.381

Keywords:

Model Pembelajaran, Discovery Learning, Minat Belajar Siswa, Ex Post Facto, Kuantitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar  IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Komba. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian Ex-Post Facto. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Komba, dan sampel penelitian siswa kelas VIII A berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar kuisioner. Analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa nilai  t sebesar 94,462 dengan nilai derajat kebebasan sebesar 19. Sedangkan nilai signifikan (sig.2-tailed) yang diperoleh 0,000 < 0,05 hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Komba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Inde, K. H., Kaleka, M. B. U., & Ilyas. (2020). the Effect of Discovery Learning Model on Learning Outcome of Grade-Vii Students of Smpn 5 Nangapanda. Journal of Science Education Research, 4, 11–14. https://doi.org/10.21831/jser.v4i1.34233

Ma’aruf, I. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi IPS Di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah. Universitas Lampung.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4, 2189–2198.

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5.

Nofita, I., Mayub, A., & Swistoro, E. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Lks Berbasis Penemuan terhadap Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, serta Minat Belajar Pada Konsep Getaran dan Gelombang Di Smpn 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1.

Nugraha, A. A., & Sari, A. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X. 1.

Pauran, D. C., Waworuntu, J., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap HasilL Belajar di SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1, 139–150.

Putri, D. R., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Siswa. In Edisi Agustus (Vol. 6, Issue 2).

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6, 35–43.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutrisno, Happy, N., & Susanti, W. (2020). Eksperimentasi Model Discovery Learning terhadap Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9, 580–590.

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Jeluna, V., Ilyas, I., Doa, H., Ngapa, Y. D., & Laka, A. F. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA KOMBA. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 92–96. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.381