PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA KOMBA
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.381Keywords:
Model Pembelajaran, Discovery Learning, Minat Belajar Siswa, Ex Post Facto, KuantitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Komba. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian Ex-Post Facto. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Komba, dan sampel penelitian siswa kelas VIII A berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar kuisioner. Analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa nilai t sebesar 94,462 dengan nilai derajat kebebasan sebesar 19. Sedangkan nilai signifikan (sig.2-tailed) yang diperoleh 0,000 < 0,05 hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Komba.
Downloads
References
Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Inde, K. H., Kaleka, M. B. U., & Ilyas. (2020). the Effect of Discovery Learning Model on Learning Outcome of Grade-Vii Students of Smpn 5 Nangapanda. Journal of Science Education Research, 4, 11–14. https://doi.org/10.21831/jser.v4i1.34233
Ma’aruf, I. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi IPS Di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah. Universitas Lampung.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4, 2189–2198.
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5.
Nofita, I., Mayub, A., & Swistoro, E. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Lks Berbasis Penemuan terhadap Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, serta Minat Belajar Pada Konsep Getaran dan Gelombang Di Smpn 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1.
Nugraha, A. A., & Sari, A. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X. 1.
Pauran, D. C., Waworuntu, J., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap HasilL Belajar di SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1, 139–150.
Putri, D. R., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Siswa. In Edisi Agustus (Vol. 6, Issue 2).
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6, 35–43.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sutrisno, Happy, N., & Susanti, W. (2020). Eksperimentasi Model Discovery Learning terhadap Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9, 580–590.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.