STRATEGI PEMASARAN PADA INDUSTRI KONVEKSI JEANS DI DUKUH CEPER DESA SEMBUNGJAMBU KABUPATEN PEKALONGAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i1.227Keywords:
Strategi, Pemasaran, Strategi PemasaranAbstract
Steiner dan Miler mengemukakan strategi adalah penetapan misi perusahaan, penetapan sasaran organisasi dengan meningkatkan kekuatan eksternal dan internal, perumusan kebijakan dan implementasi secara tepat sehingga tujuan dan sasaran utama organisasi akan tercapai (dalam Siagaan,2008:17). Pemasaran adalah pemenuhan kebutuhan sosial dan manusiawi. Kegiatan pemasaran selalu ada dalam setiap usaha, baik usaha yang berorientasi profit maupun usaha sosial. Hanya saja pelaku pemasaran tidak tahu atau belum mengenai ilmu pemasaran, tetapi sebenarnya mereka telah melakukan usaha-usaha pemasaran. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pad industri konveksi jeans di Dukuh Ceper Bojong. Tujuannya untuk memaparkan strategi pemasaran yang digunakan para pengusaha konveksi jeans. Kegunaan penelitian secara teoritis untuk menambah informasi dan sebagai khasanah ilmu pengetahuan khususnya terka it tentang strategi pemasaran, serta menjadi bahan acuan dalam penelitian sejenis dan pengembangan penelitian lebih lanjut. Dan digunakan sebagai bahan pertimbangan dan bahan evaluasi bagi bisnis usaha pada umumnya dan menjadi indikator bagi pebisnis tentang hal-hal terkait starategi pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pemasaran yang dijalankan oleh para pengusaha konveksi di Dukuh Ceper Bojong secara tidak langsung sudah menggunakan strategi pemasaran salah satunya marketing mix (bauran pemasaran).
Downloads
References
Asrori Alkhoir, Wawancara Pribadi, di Dukuh Ceper, Minggu 15 Desember 2019, jam 16.00 WIB.
Fauzia, Ika Yunia. 2013. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana Pramedia Group.
Kismono, Gugup. 2011. Bisnis Pengantar. Yogyakarta: BPFE
Kotler, Philip dkk. 2017. Marketing for Competitiveness. Terjemahan oleh Indradya. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
Nangoi, Ronald . 1988. Menentukan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan. Jakarta: CV Rajawali.
Rangkuti, Fredy. 1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Siagian, Sondang P. 2008. Manajemen Stratejik. Jakarta : Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Wahjono, Sentot Imam. 2010. Bisnis Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu.