Integrasi Creative Thinking dalam Kurikulum Berbasis OBE untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v3i8.1685Keywords:
Creative Thinking, Outcome-Based Education (OBE), Kompetensi MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi creative thinking dalam kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) serta dampaknya terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain sequential explanatory, yaitu menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Tahap kuantitatif dilakukan melalui penyebaran angket berbasis skala Likert kepada 200 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan berbasis OBE, serta tes kompetensi yang menekankan pada kemampuan berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan inovasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, korelasi, dan regresi linier untuk mengidentifikasi hubungan antara integrasi creative thinking dan peningkatan kompetensi mahasiswa. Tahap kualitatif dilaksanakan melalui wawancara mendalam terhadap 10 dosen dan 20 mahasiswa serta analisis dokumen kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Hasil wawancara dianalisis dengan thematic analysis untuk memperdalam pemahaman mengenai strategi, tantangan, dan peluang dalam mengintegrasikan creative thinking ke dalam kurikulum OBE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara integrasi creative thinking dan kompetensi mahasiswa, khususnya pada aspek problem solving, inovasi, dan kolaborasi kreatif. Temuan kualitatif mengonfirmasi bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis proyek, asesmen autentik, dan kolaborasi lintas disiplin menjadi faktor utama dalam mendorong perkembangan creative thinking. Integrasi creative thinking dalam kurikulum berbasis OBE berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa, menjadikan mereka lebih adaptif, inovatif, dan siap menghadapi tantangan era Society 5.0. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengembang kurikulum dan dosen untuk secara sistematis mengintegrasikan creative thinking ke dalam setiap tahapan pembelajaran.
Downloads
References
Behnamnia, N. (2025). Relationship between creative thinking indicators and student achievement/outcomes. (Penelitian kuantitatif terkini pada creative thinking dan hasil belajar).
Hendrickson, A. N. (2025). Integrating creative thinking into college classrooms: evidence and faculty strategies (Applied dissertation).
Karunarathne, W. (2024). Assessing creative thinking skills in higher education. (Artikel ilmiah yang membahas instrumen dan praktik penilaian kreativitas).
Kwon, H., et al. (2025). A meta-analysis of STEM project-based learning on creativity. AIMS Press (meta-analytic evidence PBL → kreativitas).
OECD. (2025). Creative minds in action laporan ringkasan kebijakan tentang pengajaran dan pengembangan creative thinking. Organisation for Economic Co-operation and Development.
Setiamurti, A., & Kurniawati, F. (2024). Fostering creativity in higher education institution: A systematic review (2018–2022). Open Education Studies.
Tam, C. O. (2023). Integrating creative thinking skills across university courses: development, implementation and evaluation of teaching strategies. (Studi implementasi disipliner-ganda).
Vlachopoulos, D. (2024). A systematic literature review on authentic assessment in higher education. (Journal article / review).
Yu, H., et al. (2024). Enhancing creative cognition through project-based learning. (Journal article examining PBL and creative thinking).
Zhang, L., et al. (2023). A study of the impact of project-based learning on student outcomes: a meta-analysis/systematic review. (Artikel penelitian)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





