Analisis Tren Penelitian : Profil Berpikir Kritis dan Spatial Siswa di Indonesia (2015–2025)
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v3i7.1677Keywords:
Berpikir kritis, berpikir spasial, bibliometrik, tren penelitianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian terkait profil berpikir kritis dan berpikir spasial siswa di Indonesia dalam kurun waktu 2015–2025 dengan menggunakan metode bibliometrik. Kemampuan berpikir kritis dan spasial merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pada bidang matematika, sains, dan teknologi. Metode penelitian bibliometrik dilakukan dengan menelusuri dan mengolah publikasi ilmiah yang relevan dari basis data nasional maupun internasional. Analisis mencakup distribusi publikasi pertahun, kata kunci dominan, penulis dan institusi produktif, serta pola kolaborasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan jumlah publikasi sejak tahun 2018, dengan fokus utama pada integrasi kemampuan berpikir kritis dan spasial dalam pembelajaran berbasis STEM, teknologi digital, serta pendekatan kontekstual.
Downloads
References
Niman, Erna Mena & Wejang, Heronimus Emilia Arjo. Students’ spatial thinking toward the school environment in Indonesia. Interdisciplinary Journal of Education Research, Vol. 5 (2023): 61-71. DOI:10.38140/ijer-2023.vol5.06
Kurniawati, Reny; Mariana, Neni; Rahaju, Endah Budi; Istiq'faroh, Nurul. Trends in Research on Critical and Spatial Thinking Profiles in Mathematics in Indonesia (2015–2025). Jurnal Elementaria Edukasia, Vol. 9 No. 2, 2025.
Dwirahayu, Gelar; Satriawati, Gusni; Sobiruddin, Dindin; Priatna, Bambang Avip; Harnum, Tiara Sekar. Mapping the Mind: Exploring Students' Visual-Spatial Thinking in Transformation Geometry. Journal of General Education and Humanities, Vol. 4 No. 2, 2023.
Wisang Elang Fajar Nisnala; Purwanto Purwanto; Didik Taryana. Building Creativity in Students’ Spatial Thinking Skills using ArcGIS Story Maps. Jurnal Geografi Gea, Vol. 23 No. 1, April 2023.
Pujiastuti, Indah Panca. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri dan Swasta dalam Pembelajaran Biologi. SAINTIFIK, Vol. 9 No. 1, 2024.
Azmi, Irham; Prasetya, Dwi Sabda Budi; Sabrun, Sabrun. Profil Berpikir Kritis Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Journal of Classroom Action Research, Vol. 7 No. 1, Februari 2025.
Shabrina, Wadhon Eka & Wijayanti, Pradnyo. Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Gaya Belajar. MATHEdunesa, Vol. 12 No. 1, 2024
Mislah, M. Syaipul Hayat & Joko Siswanto. Profil Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika di Madrasah Aliyah. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2024-2025.
Qurrota Ayun; Siti Hardiyanti Hasasiyah; Bambang Subali; Putut Marwoto. Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA pada Materi Tekanan Zat. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), Vol. 9 No. 2, 2023.
Setyawan, Iwan Aries; et al. Empowering early childhood educators to foster spatial and numeracy reasoning through play-based learning. Journal on Mathematics Education, 2023.
Fitriyani, Harina; Sukjaya Kusumah, Yaya; Turmudi. Spatial Reasoning: A Survey on the 8th Grader Students' Gain in Online Learning. International Journal on Emerging Mathematics Education, Vol. 5 No. 1, 2024.
Santia, Rini & Nurkhairo Hidayati. Profil Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 2023-2024.
Selvi, S.; Oktavianty, E.; B. Arsyid, Syaiful. Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA dalam Menyelesaikan Soal Hukum II Newton. Jurnal Education and Development, Vol. 13 No. 1, Mei 2025.
Nadya, Fitra; Karniman, Tegoeh S.; Hadjar, Ibnu. Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Belajar di Kelas VIII SMP Negeri 4 Banawa. JPMT (Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako), 2023.
Nahdi, D. S.; Jatisunda, Mohamad Gilar; Cahyaningsih, Ujiati; Rasyid, Abdur; Hidayah, R. Mapping Geometric Minds: Exploring 3D Thinking Skills of Elementary School Students Using the Van Hiele Model. Journal of Education For Sustainable Innovation, Vol. 2 No. 1, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





