Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan di Kelas VII Mts Negeri 3 Mempawah
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v2i4.1293Keywords:
Analisis Kesulitan, Himpunan, Mengerjakan SoalAbstract
Materi himpunan menjadi hal utama dalam penelitian ini. Karena peneliti ingin melihat sejauh mana siswa dalam pemahaman materi himpunan. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan. Metode yang digunakan secara eskriptif kualitatif dilakukan di Mts Negeri 3 Mempawah semester genap tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel 30 siswa dikelas VII. Dalam penelitian ini mengambil data dengan hasil tes berdasarkan dengan jumlahsebenyak 5 butir soal dan wawancara. Berdasarkan analisis dan pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan jenis kesulitan yang dilakukan kesulitan dalam mempelajari konsep, menerapkan prinsip, dan dalam menyelesaikan masalah verbal. Siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan soal dikarenakan siswa tidak memahami suatu konsep materi perbandingan yang mengakibatkan siswa kesulitan mengerjakan soal.
Downloads
References
Ahmadi, H. Abu. 2013. Psikologi Belajar (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Abdur, Rahman, As’ari, dkk., Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2017, (Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, 2017).
Andriati, S., Nugraheni, P., Yuzianah, D., Studi, P., Matematika, P., & Purworejo, U. M. (2019). Masalah Himpunan.
Amril. 2019: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Pada Siswa Kelas VII-B SMP NEGERI 3 CAKKEAWO. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PALOPO.
Azis, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 64-72.
Bellakualita, C. E. 2018. Pendidikan Matematika. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Yokyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Cooney, T. J., Davis, J. E., & Henderson, B. K. (1975). Dynamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston, MA: Houghton Mifflin Company.
Danang Setyadi, Helti Lygia Mampouw, Ufi Dwidarti, 2019: Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Universitas Kristen Satya Wacana.
Fauzah, A., Sinaga, N.Y., dan Mukasyaf, F. (2017). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Himpunan kelas VII A SMP Swasta Imelda Medan. Seminar Nasional Matematika UNIMED.
Huljannah Miftah, 2015: analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan identitas trigonometri berdasarkan kreteria watson dikelas X sma al-azhar palu. Program studi matemaika universitas tadulako.
Jannatul Aulia, Kartini. 2021: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.
Kandau, Selpius dan Runtukahu, J Tombokan, Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Cet. I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014).
Khanifah, Muslimatul, N., dan T. Nusantara. 2013. Analisis kesalahan penyelesaian soal prosedural bentuk pangkat bulat dan scaffoldingnya. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang.
Khasanah, U. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Smp Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2014/2015. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Kartini, Jannatul Aulia, 2021. Jurnal: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pascasarjana Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.
Layn. M.R. Dan Kahar. M.S., 2017. Jurnal: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong.
Marlina, M. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta Timur: PRENADAMEDIA GROUP.
Marpaung, Yansen.2003. Diktat Kuliah: Pengantar Teori Himpunan. Yokyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Statistika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)
Manab, A (2015). Penelitian pendidikan : pendekatan kualitatif. Sleman yogyakarta: kalimedia.
Mirah, S., Fitria, dkk. 2017.Jurnal : Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Himpunan Siswa Smp Kelas VII. http://sesiomedika.890m.com/Prosiding/48FitriaSekarMirah-SESIOMEDIKA-2017.pdf. 20 juni 2020.
Misrawati, Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Pada Bilangan Bulat Di Kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh, Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Syiah Kuala, 2017
Nurcahyono. N.A., Agustiani Nur, Falah Haermina, 2021. Jurnal: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Pada Pembelajaran Daring. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Ramlah, Nurhalin, Y., Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smp Pada Materi Himpunan. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Rina Marlina, Shelly Fitri Andini, 2021. jurnal: analisis kemampuan komunikasi matematis SMP dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan. Universitas perbangsa karawang.
Sholekah, Lailli Ma’atus, Dewi Anggreini, Adi Waluyo,. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi.
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependid. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24.
Soimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sri Adi, W. (2012). Proses berfikir mahasiswa dalam menyelesaikan maslah matematika berdasarkan dimensi Healler. Konstribusi pendidikan matematika dan matematika dalam membangun karakter guru dan siswa.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, L., 2016: Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Dan Solusi Pemecahannya. Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.