Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Delapan Standar Nasional Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Batanghari
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v2i3.1242Keywords:
Kompetensi, Manajerial, Standar Nasional PendidikanAbstract
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi manajerial kepala madrasah dalam mengelola delapan Standar Nasional Pendidikan melalui perencanaan adalah dengan menyusun program pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran, dan melaksanakan tugas mengajar, merencanakan ketersediaan buku pelajaran, media pengajaran, dan perbaikan infrastruktur yang mendesak. Melalui pengorganisasian, berarti menempatkan tenaga pendidik sebagai tenaga pengajar sesuai keahliannya, menempatkan guru sebagai wali kelas, wakil kepala madrasah untuk kurikulum, prasarana dan sarana serta kepala TU yang mengelola infrastruktur. Melalui pelaksanaannya adalah melaksanakan proses pembelajaran, administrasi kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan, menjamin tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran. Melalui pembinaan adalah melakukan supervisi akademik, serta melalui diskusi dan memberikan arahan langsung. Kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam mengelola delapan Standar Nasional Pendidikan adalah belum optimalnya penerapan teknologi informasi dalam standar proses (pembelajaran) dan keterbatasan fasilitas terkait pengelolaan delapan Standar Nasional Pendidikan. Upaya kepala madrasah untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pengelolaan delapan Standar Nasional Pendidikan antara lain pendekatan persuasif dan pengajuan proposal pengadaan sarana penyimpanan dokumen.
Downloads
References
Anonim. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2013.
Abuddin Nata. Manajemen Pendidikan; Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2015.
Afifuddin dan Beni Ahmad Sabeni. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Al-Qarni Aidh. Tafsir Muyassar. Jakarta: Qisthi Press, 2007.
Anastasia Diana Jiptono. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
Asep Henry Habibulloh, Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di MIN 1 Banyumas. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Insitut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2020.
Atmodiwirio, Manajemen Pelatihan. Jakarta: PT. Pustaka, 2014.
Basilius Wedan Werang. Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Status Sosial Ekonomi Guru Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Merauke-Papua. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 8, No. 2, 2018.
Basri Hasan. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Beni Ahmad Saebani. Metode Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2014.
Cece Wijaya, dkk. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta, Balai Pustaka, 2012.
Euis Karwati dan Priansa. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2013.
Gita. Peningkatan Budaya Mutu Untuk Pencapaian Akreditasi di Sekolah Dasar Widoro Yogyakarta. Yogyakarta: Prodi Studi Kebijakan Pendidikan Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP UNY, 2014.
Hadari Nawawi. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, Cet. 14, 2013.
IAI Nusantara Batang Hari. Pedoman Penulisan Skripsi FPIK. Muara Bulian: Tim Penyusun, 2020.
Indrawan. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah,. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
Ismuha. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 4, No. 1, 2016.
Kemenag RI, Peraturan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah. Jakarta: Biro Hukum, 2017.
Kemendikbud, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Balitbang, 2021.
Marjan, Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Tehadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMPN 3 Sungguminasa. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2019.
Masrokan Mutohar. Manajemen Mutu Sekolah Strategi Peningkatan Mutudan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Moleong Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2017.
Muhammad Ali ash-Shabuni. TafsirShofwatut Tafaasir Juz II. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2011.
Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2013.
Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press, 2013.
Mulyasa. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.
Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Nasyirwan, Pencapaian Delapan Standar Nasional Pendidikan oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Manajer Pendidikan Volume 9 Nomor 6, 724-736, 2015.
Pemerintah RI. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 2003.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.
Suyono, Belajar dan Pembelajaran. Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Thoifuri. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Media Campus Publishing, 2013.
Tim Redaksi Nuansa Aulia. Himpunan Perudang-Undangan RI. Bandung: Nuansa Aulia, 2011.
Trianto, dkk. Tinjauan Yuridis Hak serta Kewajiban Pendidik Menurut UU Guru dan Dosen. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2014.
Uhar Suharsaputra. Kepemimpinan Inovasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama, 2016.
Uzer Usman. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.