UPAYA PENDAMPINGAN TERHADAP PENGUSAHA TAHU DI DESA GRUJUGAN KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN

Authors

  • Nur Khalifah Institut Keislaman Annuqayah Guluk Guluk

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i9.949

Keywords:

Pendampingan, Pengusaha Tahu, Desa Grujugan

Abstract

Penelitian dari pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui unggulah pabrik tahu bapak Harisin khususnya di Desa Grujugan, dilakukan dengan membangun strategi pendampingan dalam produksi dan pemasaran tahu serta mengetahui peningkatan ekonomi pabrik tahu dengan menambah kreatifitas produksi dan pemasaran yang lebih luas. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Wawancara apresiatif, Pemetaan potensi masyarakat, Penyusunan rencana aksi dan perioritas  kegiatan dan Monitoring dan evaluasi. Hasil temuan yang didapat dalam pengabdian adalah pengusaha tahu yang ada di Desa Grujugan sangat ingin untuk meningkatkan jumlah produksi tahu dan menambah pekerja guna meningkatkan perekonomian namun masih terkendala dengan permintaan pasar yang tidak meningkat menyebabkan produksi tahu hanya berdsarkan permintaan pasar. Dengan mayoritas masyarakat Grujugan yang sudah memiliki pekerjaan, pengabdi menjadikan santri Pondok Pesantren An-Nasyiin sebagai faktor pendukung dalam pendampingan terhadap pengusaha tahu dengan mengolah tahu mentah menjadi siap jadi dan melakukan pemasaran. Hal ini telah menjadikan produksi tahu bapak harisin meningkat dan disamping itu juga dapat meningkatkan perekonomian pesantren. jadi, dengan penambahan kreatifitas produksi dan perluasan pemasaran telah membantu meningkatkan perekonomian pihak terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Abdul. (2008) Ekonomi Islam Analisis Mikro dan Makro. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djojodipuro, Marsudi. (1999).Teori Lokasi, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Djojohadikoesoemo. S. (1999). Perkembangan Pemikiran Ekonomi: Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. Jakarta: PT Pustaka.

Elmiyanti, Weni. (2021). “Strategi Pengembangan Home Industry Tahu Di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur”, Skripsi, Universitas Gunung Rinjan

Owen, Sri. (1993). Indonesian Food and Cookery, Jakarta: PT. Penebar Swadaya.

Wahjono, Sentot Imam. (2010). Bisnis Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu. Kolter, Philip. (2004). Manajemen Pemasaran, Edisi milenium. Jakarta: Indeks

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Khalifah, N. (2024). UPAYA PENDAMPINGAN TERHADAP PENGUSAHA TAHU DI DESA GRUJUGAN KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(9), 581–587. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i9.949