SOSIALISASI PERSONAL BRANDING DAN DESAIN GRAFIS OLEH MAHASISWA KKN UNIWARA DALAM MENINGKATKAN POTENSI UMKM MASYARAKAT DI KELURAHAN TAPAAN KOTA PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.857Keywords:
UMKM, Personal Branding, Desain GrafisAbstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sarana yang melaluinya ilmu pengetahuan dan teknologi diterapkan dan dikembangkan di luar kelas, dengan batasan waktu, prosedur kerja, dan persyaratan yang ditetapkan. KKN-PPM Perguruan Tinggi merupakan upaya untuk meningkatkan materi pelajaran dan standar pengajaran bagi mahasiswa serta mendapatkan nilai tambah lebih dalam pendidikan tinggi dengan mengadakan sejumlah program kegiatan, salah satunya adalah pemasyarakatan desain grafis dan personal branding. Diharapkan dengan dilaksanakannya sosialisasi ini dapat membangun potensi lokal di lokasi KKN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meningkatkan potensi lokal yang ada di wilayah Desa Tapaan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM dan pemilik usaha di Desa Tapaan. Metode wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Metode wawancara ini mencari informasi mengenai UMKM yang dijalani masyarakat dan potensi yang ada di Desa Tapaan. Berdasarkan hasil penelitian, peran KKN merupakan bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, khususnya di Desa Tapaan.
Downloads
References
Dewojati, R. K. W. (2009). Desain grafis sebagai media ungkap periklanan. Imaji, 7(2).
Dina, S., Pangestuti, R. S., Qintarah, Y. N., Pramono, J., Sulastri, T., & Muchrodin, M. (2022). PENGAMBANGAN PERSONAL BRANDING DI RT 01 RW 10 KECAMATAN BANTARGEBANG. Jurnal Pengabdian PENEROKA: Rumpun Ilmu Ekonomi, Pendidikan, Bahasa, Kesehatan, Sosial Humaniora, 1(02), 48-55.
Franzia, E. (2018, March). Personal Branding melalui media sosial. In Prosiding Seminar Nasional Pakar (pp. 15-20).
Haroen, D. (2014). Personal branding. Gramedia Pustaka Utama.
Januar, M., & Hakim, A. (2023). UPAYA MENINGKATKAN PERSONAL BRANDING DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL MARKETING BAGI PARA PELAKU UMKM DI DESA CINTALANGGENG KECAMATAN TEGALWARU, KARAWANG. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 2(1), 2100-2107.
Sihombing, D. (2001). Tipografi dalam desain grafis. Gramedia Pustaka Utama.
Sitepu, V. (2004). Panduan mengenal desain grafis. PT. Elex Media.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58.
Tambunan, T. (2012). UMKM Indonesia. Buku Dosen-2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.