PELATIHAN BRANDING KOPI GUNUNG SAWAL BERBASIS WEBSITE TERINTEGRASI DI DESA SUKAMAJU
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.848Keywords:
Branding Kopi, Website, Pemasaran Online, DesaAbstract
Pelatihan Branding Kopi Gunung Sawal berbasis website terintegrasi di Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan petani kopi dan BUMDes Maju Mandiri dalam memasarkan produk mereka secara daring. Melalui pelatihan ini, mitra akan belajar cara memanfaatkan website sebagai alat branding yang efektif, menciptakan konten menarik, dan membangun identitas merek yang kuat untuk Kopi Gunung Sawal. Dengan pendekatan inovatif ini, mitra dapat meningkatkan visibilitas dan penjualan produk mereka secara nasional maupun internasional, yang pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat. Metode yang digunakan, yakni pelatihan dan Focus Group Discussion yang meliputi: (1) observasi pendahuluan; (2) pelatihan pembuatan konten website; (3) pelatihan strategi pemasaran online; dan (4) evaluasi dan pengembangan.
Downloads
References
Afifi, M., Bagus Singandaru, A., Alwi, M., & Ismiwati, B. (2022). Peningkatan Hasil Panen dan Kualitas Hidup Petani Kopi Dengan Pola Pemberdayaan (Studi Kasus di Desa Rempek, Kabupaten Lombok Utara) (Vol. 4, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.29303/e-jep.v4i2.62
Christine, A., Sheyoputri, A., Azuz, F., & Abriana, A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tamaona Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa Melalui Pengolahan Biji Kopi Menjadi Kopi Bubuk. Jurnal Dinamika Pengabdian, 7(2), 301–309. https://doi.org/https://doi.org/10.20956/jdp.v7i2.20845
Dewi, M. H. U., Fandeli, C., & Baiquni, M. (2013). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan Bali. In KAWISTARA (Vol. 129, Issue 2). https://journal.ugm.ac.id/jikfkt/article/view/57462
Dewi Puspitasari, O., Kadir, M., Ramli, H (2022). Analisis Strategi Pengembangan Agribisnis Terpadu Kopi Arabika Di Kabupaten Enrekang. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jih.v11i1.1919
Diana, Y., Rahayu, S., & Zannah, A. (2023). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Terhadap Peningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Kelambir Lima. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14534
Gobel, C. Y., & Adam, N. (2021). E-Commerce Pemasaran Hasil Panen Komoditas Pertanian Menerapkan User Centered Design. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(4), 1519–1527. https://doi.org/10.30865/mib.v5i4.3125
Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/issue/archive
Haryono, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Website Terhadap Penjualan Produk Pengusaha Umkm Pada Asosiasi Industri Kreatif Depok. Sosio E-Kons, 10(1), 39–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2324
Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.209
Hidayat, H., Mahbubah, N. A., & Chusain, C. (2021). Pelatihan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik (Studi Kasus: Produk Kopi dan Temulawak). IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v1i1.274
Hisham, M. R. (2021). Implementasi Website pada Lanang Kreatif Menggunakan Metode WDLC (Vol. 1, Issue 1). https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech
Kusumaning Tias, B., Dkk. (2023). Sistem Informasi Perluasan Pangsa Pasar menggunakan Pendekatan Metode Bauran Pemasaran. 4(1). https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i1.2431
Longdong, J. D., Kawengian, D. D. V, & Randang, J. L. K. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mengembangkan Kedai Trap Kopi Manado. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/36256
Meliantika Putri, A., Adrie Manafe, L., & Wahyudi, A. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran Melalui Website Dengan Metode SWOT Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan. Jimek: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 6(1), 72–88. https://doi.org/https://doi.org/10.30737/jimek.v6i01.4730
Purwanto, E., Oktarina, S., Basit, A., Shahreza, M., Zainal, A. G., Kuswanti, A., & Setianti, L. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Kopi Ogut Kafé Dalam Menarik Minat Konsumen. Metakom, 6(2), 15–27. https://doi.org/10.23960/metakom.v6i2.264
Puspaningtyas, N. D., Maskar, S., Dewi, P. S., Asmara, P. M., & Mauliya, I. (2022). Peningkatan Digital Marketing Karang Taruna Desa Hanura dalam Memasarkan Wisata Pasar Sabin. Communnity Development Journal, 3(1), 320–323. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4017
Rosiana, N. (2020). Dinamika Pola Pemasaran Kopi pada Wilayah Sentra Produksi Utama di Indonesia. 5(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/jat.5.1.1-10
Saktisyahputra. (2019). Pemanfaatan Website WWW.Pulokambing.Com Sebagai Media Rumah Kreatif Bersatu Nusantara (RKBN) Pulokambing Dalam Pemberdayaan Masyarakat. In Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.31334/jks.v2i1.287.g168
Thamrin, S., Junaedi, M. Kadir, & Aulia, L. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Kopi Arabika di Kabupaten Bantaeng. https://ojs.polipangkep.ac.id/index.php/proppnp/article/view/150
Widayanti, R. E., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran Berbasis Online Pada Produk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) “Sukses Bersama” Desa Sugihwaras Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 4(1), 242–252. https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/6847/3283
Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/778/584
Wulandari, E., Saptowinarko Prasetyo, M., & Purwanti, T. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Di Usaha Sepatu Mojo Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) Dalam Menentukan Harga Jual. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v4i2.5704
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.