PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KURIKULUM OPERASIONAL MADRASAH DI MIS NAHDLATUL ULAMA

Authors

  • Istiyati Mahmudah IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i8.798

Keywords:

Pendampingan, Kurikulum Merdeka, KOM

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan sebuah kebijakan baru yang dicetuskan oleh menteri pendidikan. Madrasah harus siap menghadapi perubahan. menyikapi perubahan tersebut, maka madrasah perlu mendapatkan pengetahuan terkait kurikulum merdeka dan penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) yang sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. MIS Nahdlatul Ulama Kota Palangka Raya adalah salah satu madrasah yang akan mengimplementasikan kurikulum merdeka. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan penyusunan kurikulum operasional madrasah. Hasil kegiatan adalah bertambahnya pengetahuan pihak sekolah terkait kurikulum merdeka dan tersusunnya kurikulum operasional madrasah (KOM).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrohah, H., Hasanah, M., Yuliantina, I., Hasan, M. A., & Ambarwati, A. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Hardiyanti, S. A., Ermawati, E. A., Yustita, A. D., Rusadi, T. M., & Ulfiyati, Y. (2022). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Dan Pembuatan Website Berbasis Kurikulum Merdeka Di Sdn 5 Karangsari. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 274–281. https://doi.org/10.46306/jub.v2i3.92

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Mahmudah, I., Sulistyowati, S., & Jasiah, J. (2023). Pendampingan Persiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MI Fathul Iman Palangka Raya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 727-732. https://doi.org/10.54082/jamsi.734

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora), 5(1), 66-78

Merliza, P. (2022). Pelatihan Materi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Bagian 1 Bagi Komite Pembelajaran Sekolah Penggerak Angkatan 2. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2). https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2168

Suryaman, M. (2020, October). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Vol. 1, No. 1, pp. 13-28).

Uswatiyah, W., Argaeni, N., Masrurah, M., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Implikasi Kebijakan Kampus Merdeka Belajar terhadap Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pendidikan Menengah Serta Pendidikan Tinggi. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 28-40). https://doi.org/10.47467/jdi.v3i1.299

Windi. (2022). Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Ditjen GTK Kemendikbud.

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Mahmudah, I. (2023). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KURIKULUM OPERASIONAL MADRASAH DI MIS NAHDLATUL ULAMA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 873–879. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i8.798