PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KURIKULUM OPERASIONAL MADRASAH DI MIS NAHDLATUL ULAMA
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i8.798Keywords:
Pendampingan, Kurikulum Merdeka, KOMAbstract
Kurikulum merdeka merupakan sebuah kebijakan baru yang dicetuskan oleh menteri pendidikan. Madrasah harus siap menghadapi perubahan. menyikapi perubahan tersebut, maka madrasah perlu mendapatkan pengetahuan terkait kurikulum merdeka dan penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) yang sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. MIS Nahdlatul Ulama Kota Palangka Raya adalah salah satu madrasah yang akan mengimplementasikan kurikulum merdeka. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan penyusunan kurikulum operasional madrasah. Hasil kegiatan adalah bertambahnya pengetahuan pihak sekolah terkait kurikulum merdeka dan tersusunnya kurikulum operasional madrasah (KOM).
Downloads
References
Asrohah, H., Hasanah, M., Yuliantina, I., Hasan, M. A., & Ambarwati, A. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Hardiyanti, S. A., Ermawati, E. A., Yustita, A. D., Rusadi, T. M., & Ulfiyati, Y. (2022). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Dan Pembuatan Website Berbasis Kurikulum Merdeka Di Sdn 5 Karangsari. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 274–281. https://doi.org/10.46306/jub.v2i3.92
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Mahmudah, I., Sulistyowati, S., & Jasiah, J. (2023). Pendampingan Persiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MI Fathul Iman Palangka Raya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 727-732. https://doi.org/10.54082/jamsi.734
Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora), 5(1), 66-78
Merliza, P. (2022). Pelatihan Materi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Bagian 1 Bagi Komite Pembelajaran Sekolah Penggerak Angkatan 2. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2). https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2168
Suryaman, M. (2020, October). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Vol. 1, No. 1, pp. 13-28).
Uswatiyah, W., Argaeni, N., Masrurah, M., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Implikasi Kebijakan Kampus Merdeka Belajar terhadap Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pendidikan Menengah Serta Pendidikan Tinggi. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 28-40). https://doi.org/10.47467/jdi.v3i1.299
Windi. (2022). Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Ditjen GTK Kemendikbud.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.