PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI EDPUZZLE SEBAGAI LEARNING TOOL DI SMP NEGERI 1 GAMBUT

Authors

  • Rahmah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Herliyani Farial Agoes Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Nurfitriah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Fitriani Hayati Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rahma Pitria Ningsih Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Mitra Yadiannur Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Sulaiman Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.795

Keywords:

Edpuzzle, Learning Tool

Abstract

Kreativitas guru memegang peranan penting dalam pembelajaran tatap muka. Kreatifitas guru dalam menggunakan metode dan media yang bervariasi akan membuat suasana pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan, sehingga diharapkan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan siswa aktif selama pembelajaran Selain itu, penggunaan media dalam kegiatan mengajar dan belajar bukanlah sekedar kegiatan tambahan, tetapi memiliki fungsi sendiri sebagai alat untuk menciptakan situasi pembelajaran aktif, efektif dan menyenangkan. Seiring perkembangan teknologi, untuk menunjang pembelajaran guru-guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi sebagai salah satu media pembelajaran dalam proses belajar mengajar (PBM), hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu PBM. Salah satu pemanfaatan yang dimaksud adalah penggunaan video interaktif sebagai media pembelajaran. Minimnya pemanfaatan teknologi oleh Guru, khususnya penggunaan video interaktif dalam proses pembelajaran menjadi permasalahan dalam kegiatan ini. Solusi atas permasalahan ini adalah Memberikan Pelatihan Penggunaan Teknologi Edpuzzle Sebagai Learning Tool dengan metode ceramah dan tanya jawab. agar guru-guru dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam PBM, sehingga diharapkan juga membawa dampak positif terhadap mutu Pendidikan. Kegiatan ini bermitra dengan SMP 1 Negeri Gambut, bertujuan untuk meningkatkan mutu Kegiatan Belajar mengajar di Sekolah melalui pemanfaatan edpuzzle sebagai salah satu media pembelajaran serta mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar sehingga dapat meningkatkan prestasinya di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. L. (Universitas S. Sirri and P. (Universitas S. Lestari, “IMPLEMENTASI EDPUZZLE BERBANTUAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI ALTERNATIFPEMBELAJARAN DARING PADA ERA PANDEMI,” no. September, pp. 67–72, 2020.

G. C. Mayang, A. Efendi, N. Pradana, and T. Prakisya, “The Effectiveness of Problem-Based Learning Assisted by Edpuzzle on Students’ Critical Thinking Skills,” vol. 5, no. 1, 2021.

LABSCHOOLFIPUMJ, “PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA TRANSISI.” https://labschoolfipumj.sch.id/pembelajaran-tatap-muka-di-masatransisi/.

R. Rahmawati, Khaeruddin, and A. Amal, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar,” JUDIKDAS J. Ilmu Pendidik. Dasar Indonesia., vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2021, doi: 10.51574/judikdas.v1i1.163.

V. H. Sundi, T. Astari, H. Rosiyanti, and A. Ramadhani, “Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19,” Semin. Nas. Pengabdi. Masy. LPPM UMJ, pp. 1–10, 2020.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Rahmah, R., Agoes, H. F., Nurfitriah, N., Hayati, F., Ningsih, R. P., Yadiannur, M., & Sulaiman, S. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI EDPUZZLE SEBAGAI LEARNING TOOL DI SMP NEGERI 1 GAMBUT. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 903–908. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.795