PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI EDPUZZLE SEBAGAI LEARNING TOOL DI SMP NEGERI 1 GAMBUT
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.795Keywords:
Edpuzzle, Learning ToolAbstract
Kreativitas guru memegang peranan penting dalam pembelajaran tatap muka. Kreatifitas guru dalam menggunakan metode dan media yang bervariasi akan membuat suasana pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan, sehingga diharapkan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan siswa aktif selama pembelajaran Selain itu, penggunaan media dalam kegiatan mengajar dan belajar bukanlah sekedar kegiatan tambahan, tetapi memiliki fungsi sendiri sebagai alat untuk menciptakan situasi pembelajaran aktif, efektif dan menyenangkan. Seiring perkembangan teknologi, untuk menunjang pembelajaran guru-guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi sebagai salah satu media pembelajaran dalam proses belajar mengajar (PBM), hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu PBM. Salah satu pemanfaatan yang dimaksud adalah penggunaan video interaktif sebagai media pembelajaran. Minimnya pemanfaatan teknologi oleh Guru, khususnya penggunaan video interaktif dalam proses pembelajaran menjadi permasalahan dalam kegiatan ini. Solusi atas permasalahan ini adalah Memberikan Pelatihan Penggunaan Teknologi Edpuzzle Sebagai Learning Tool dengan metode ceramah dan tanya jawab. agar guru-guru dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam PBM, sehingga diharapkan juga membawa dampak positif terhadap mutu Pendidikan. Kegiatan ini bermitra dengan SMP 1 Negeri Gambut, bertujuan untuk meningkatkan mutu Kegiatan Belajar mengajar di Sekolah melalui pemanfaatan edpuzzle sebagai salah satu media pembelajaran serta mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar sehingga dapat meningkatkan prestasinya di kelas.
Downloads
References
E. L. (Universitas S. Sirri and P. (Universitas S. Lestari, “IMPLEMENTASI EDPUZZLE BERBANTUAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI ALTERNATIFPEMBELAJARAN DARING PADA ERA PANDEMI,” no. September, pp. 67–72, 2020.
G. C. Mayang, A. Efendi, N. Pradana, and T. Prakisya, “The Effectiveness of Problem-Based Learning Assisted by Edpuzzle on Students’ Critical Thinking Skills,” vol. 5, no. 1, 2021.
LABSCHOOLFIPUMJ, “PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA TRANSISI.” https://labschoolfipumj.sch.id/pembelajaran-tatap-muka-di-masatransisi/.
R. Rahmawati, Khaeruddin, and A. Amal, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar,” JUDIKDAS J. Ilmu Pendidik. Dasar Indonesia., vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2021, doi: 10.51574/judikdas.v1i1.163.
V. H. Sundi, T. Astari, H. Rosiyanti, and A. Ramadhani, “Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19,” Semin. Nas. Pengabdi. Masy. LPPM UMJ, pp. 1–10, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.