PEMBIMBINGAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DI SD CURUG 04 JASINGA KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Antonia Junianty Laratmase STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Artono STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Nur Fadli Hazhar Fachrial STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Anisa Novianty STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Bilal STKIP Arrahmaniyah Depok

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i8.788

Keywords:

Keterampilan, Practice Rehearsal Pairs

Abstract

Practice Rehearsal Pairs adalah strategi pengajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Inggris. Strategi ini melibatkan siswa berpasangan dan berlatih berbicara satu sama lain, dengan satu siswa bertindak sebagai pembicara dan yang lainnya sebagai pendengar. Dalam pengabdian kami hasilnya mengatakan siswa di SD 4 Curug belum mampu namun dengan adanya pengabdian yang dilakukan terjadi stimulus respon oleh siswa dalam. Maka luaran dari pengabdian pada masyarakat ini siswa mampu memahami tentang pembiasaan baik yang dapat dilakukan dan menjadi karakter bagi mereka dalam kehidupan sehari-hari dan siswa mampu melaksanakan beberapa contoh dari pembiasaan baik yang diberikan melalui nyanyian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhanik Sulistyarini, S.Sos., Mc., & Dr. Anna Gustina Zainal, M. S. (2018). Buku Ajar Retorika. In Sereal Untuk (Vol. 51, Issue 1).

Hazran. (2018). Kemampuan Berbicara Siswa Di Kelas III SDN Nomor I Tulo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Kreatif Online, 6(3), 105–115.

Kurniasih, E. (2016). Teaching the Four Language Skills in Primary EFL Classroom. JET (Journal of English Teaching), 1(1), 70. https://doi.org/10.33541/jet.v1i1.53

Leong, L., inglés, S. A.-D. de investigación en educación en, & 2017, undefined. (2017). Un análisis de los factores que influyen en la capacidad de hablar inglés de los estudiantes. Ijreeonline.Com, 34–41. http://ijreeonline.com/files/site1/user_files_68bcd6/sma1357-A-10-26-1-fefa0eb.pdf

Mudini, S. P. (2009). Pembelajaran Berbicara. Jakarta.

Muradi, A. (2014). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1). https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1129

Pandaleke, A., Yunidar, & Syamsuddin. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas V Sd Bala Keselamatan Palu. Bahasantodea, 5(2), 36–42.

Permadi, W., Zulela, M. S., & Akbar, Z. (2018). Pengaruh Metode Practice Rehearsal Pairs Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 490–494.

Rosita, F. Y. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Berbicara bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 25–37.

Saefudin, S. (2018). Pendekatan Pragmatik dalam Mendukung Kemampuan Komunikasi Lisan. Buletin Al-Turas, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.15408/bat.v19i1.3694

Sumiyati. (2010). Minat Siswa Dalam Kurikulum Muatan Lokal. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(2), 172. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i2.444

Susiawati, W. (2018). Implementasi Teori Chomsky Dalam Bahasa Alquran. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(2), 273–291. https://doi.org/10.15408/a.v5i2.8896

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Tustiantina, D. (2016). TINJAUAN PRAGMATIK DALAM KETERAMPILAN BERBICARA. JURNAL MEMBACA BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 2(1), 21–28.

Vera Sardila, M. P. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun Ketrampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. https://scholar.google.co.id

Downloads

Published

2023-08-11

How to Cite

Laratmase, A. J., Artono, A., Fachrial, N. F. H., Novianty, A., & Bilal, B. (2023). PEMBIMBINGAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DI SD CURUG 04 JASINGA KABUPATEN BOGOR. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 847–854. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i8.788