PELATIHAN SENI TARI UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sabahiyah Program Studi PGSD STKIP Hamzar
  • Sri Wahyuni Program Studi PGPAUD STKIP Hamzar
  • Niswatul Hasanah Program Studi PGPAUD STKIP Hamzar

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i7.752

Keywords:

Pelatihan, Seni Tari, Kreativitas

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk dapat menambah wawasan anak mengenai seni dan budaya serta mengembangkan kreativitas siswa di SD Negeri 4 Mamben Daya. Peserta pelatihan adalah siswa SD Negeri 4 Mamben Daya, berjumlah 12 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah survey, diskusi, demonstrasi, orientasi musik iringan, praktek, pementasan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan dilakukan dalam tiga tahapan kegiatan, yaitu; 1) tahap pra pelatihan, 2) tahap pelaksanaan pelatihan dan 3) tahap akhir pelatihan. Selama kegiatan pelatihan berlangsung, semua peserta kelihatan antusias dan aktif mengikuti kegiatan pelatihan. Hal ini terlihat dari jumlah peserta pelatihan yang tetap hadir mulai dari awal sampai akhir kegiatan pelatihan. Selain itu, para peserta pelatihan juga memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan. Mereka kelihatan senang dan selalu datang lebih awal sebelum waktu latihan dimulai. Mereka menggunakan waktu luangnya untuk berdiskusi dengan teman-temannya mengenai gerakan-gerakan tari serta mendemonstrasikan gerakan-gerakan tari yang sudah dilakukan pada pertemuan sebelumnya. Hasil kegiatan ini menunjukkan keantusiasan dan keaktifan para peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan memberikan respon positif serta kreativitas para peserta dalam menciptakan gerakan-gerakan, yang dikembangkan oleh peserta pelatihan di bawah bimbingan Tim sampai menjadi sebuah tarian utuh walaupun masih dalam taraf yang sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, F., Yuliasma, Y., & Iriani, Z. (2018). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Negeri 15 Padang. Jurnal Sendratasik, 7(3), 73-80.

Dewi, R.S, (2012). Keragaman Seni Tari Nusantara. Demak: Balai Pustaka.

Hasdi, S. (2020). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Seni Tari di TK Al-Amin Kecamatan Latimojong. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palopo.

Heny. (2006). KAWIT Teknik Gerak dan Tari Dasar Sunda. Bandung: Pusbitari Press.

Herlambang, I., & Suryawan, A. I. (2022) Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tari Dengan Model Project Based Learning. Ringkang: Kajian Seni Tari dan Pendidikan Seni Tari, 2(3), 394-407.

Luisandrith, D.R. dkk. (2020). Pendekatan Interdisiplin Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Journal Seni Tari. JST 9 (2) (2020)

Munandar. U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta

Murgiyanto, S. (1983). Seni Menata Tari. Jakarta: Dewan Kesenian

Palint Rio Oku. 2014. Peningkatan Kreativitas Anak dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK ABA Karang Malang. Skripsi.Yogyakarta: Program Studi Pendidian Seni Tari Universitas Negeri Yogyakarta. (diakses 23 Juli 2023)

Pekerti, W., dkk. (2008). Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas

Purwatiningsih & Ninik, H. (2002). Pendidikan Seni Tari-Drama. Malang:

Sandi, N.V. (2017). Analisis Pembelajaran Seni Budaya Pokok Bahasan Seni Tari Tradisional di SD Manggahan 1 Baleendah Bandung. Jurnal Dialetika Jurusan PGSD, 7(2), 44–58. Universitas Peradaban. Tersedia online di https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/download/149/142/ (diakses pada 20 Juli 2023)

Soedarsono. (2002). Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sulistyorini, dkk. (2012). Supervisi Pendidikan.Bengkalis:DOTPLUS Publisher

Sumarna, N., & Samsudin, A. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI TARI MENGGUNAKAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC (VAK) SISWA KELAS V. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2455-2469.

Syafii. (2004). Konsep dan Model Pembelajaran Seni. Semarang: Unnes. Terbuka.

Ulfa, A. M., & Handayaningrum, W. (2020). PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI TARI MELALUI PEMBENTUKAN KELAS SENI DI SMPN 2 PAMEKASAN. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 68-80. Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Sabahiyah, S., Wahyuni, S., & Hasanah, N. (2023). PELATIHAN SENI TARI UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DI SEKOLAH DASAR. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7), 763–770. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i7.752