SOSIALISASI PENGGUNAAN MODUL LITERASI DAN NUMERASI BERBASIS KEBUDAYAAN ACEH DI SD IT AL-MARKAZUL ISLAMI LHOKSEUMAWE

Authors

  • Nuraina Universitas Malikussaleh
  • Hayatun Nufus Universitas Malikussaleh
  • Muliana Universitas Malikussaleh
  • Fakhrah Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i7.751

Keywords:

Literasi Numerasi, Kebudayaan Aceh, Modul

Abstract

Sosialisasi literasi numerasi berbasis kebudayaan Aceh dan sosialisasi modul literasi numerasi untuk peserta didik dilaksanakan pada tanggal 28 September 2022. Peserta kegiatan ini yaitu siswa kelas 5 SD IT Al-Markazul Islami Lhokseumawe. Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka dan berlangsung pukul 08.30-10.00 WIB di gedung SD IT Al-Markazul Islami Lhokseumawe. Pada pelaksanaan kegiatan pelatihan, tim pelaksana dibantu oleh dua orang mahasiswa sebagai panitia. Tim pelaksana dibagi perannya dalam pelaksanaan kegiatan ini, satu orang bertindak sebagai moderator dan dua orang sebagai pembicara. Mahasiswa bertugas sebagai tim konsumsi dan juga dokumentasi. Kegiatan pelatihan diawali dengan pembukaan oleh moderator, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi dan demonstrasi. Selanjutnya proses tanya jawab. Pada sesi pemaparan materi, pelaksana menjelaskan tentang pentingnya literasi numerasi berbasis kebudayaan Aceh. Pelaksana juga menjelaskan apa literasi numerasi dan sosialisasi mengenai isi modul. Pelaksana juga memberikan contoh mengerjakan soal literasi numerasi yang berbasis kebudayaan Aceh. Pada tahap tanya jawab, peserta terlihat berantusias untuk menggali lebih dalam pengetahuan tentang literasi numerasi, contoh soal dan juga pengetahuan mereka mengenai kebudayann Aceh. Tim pelaksana berharap wawasan yang diperoleh peserta dari pelatihan ini dapat menjadi bekal untuk mereka dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ekowati, Dyah Worowirastri et al. 2019. “Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3(1):93. doi: 10.30651/else.v3i1.2541.

Ibrahim, G.A. dkk. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Najuah et al. 2020. Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan Dan Aplikasinya.

Perdana, Ryzal, and Meidawati Suswandari. 2021. “Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar.” Absis: Mathematics Education Journal 3(1):9. doi: 10.32585/absis.v3i1.1385.

Prawiradilaga, D. S., & Chaeruman, U. A. (2018). Modul Hypercontent: Teknologi Kinerja (Performance Technology) (1st ed.). Kencana.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Nuraina, N., Nufus, H., Muliana, M., & Fakhrah, F. (2023). SOSIALISASI PENGGUNAAN MODUL LITERASI DAN NUMERASI BERBASIS KEBUDAYAAN ACEH DI SD IT AL-MARKAZUL ISLAMI LHOKSEUMAWE. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7), 758–762. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i7.751