PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PROMOSI BERBAHASA INGGRIS DI RUMAH KINASIH (REHABILITASI PEMBERDAYAAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA ATAU ODGJ) KABUPATEN BLITAR

Authors

  • Zubaidi Politeknik Negeri Malang
  • Fitrotul Maulidiyah Politeknik Negeri Malang
  • Ririn Pratiwi Suharto Politeknik Negeri Malang
  • Achmad Suyono Politeknik Negeri Malang
  • Bambang Suryanto Politeknik Negeri Malang
  • Sugeng Hariyanto Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i7.733

Keywords:

Rumah Kinasih, Media Promosi, IPTEK, Bahasa Inggris

Abstract

Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Rumah Kinasih, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar. Pemilihan lokasi tersebut dikarenakan terdapat permasalahan yang dihadapi oleh Rumah Kinasih mempromosikan karya teman-teman disabilitas dan ODGJ Rumah Kinasih. Rumah Kinasih yang berperan sebagai mitra kegiatan pengabdian ini menghadapi permasalahan yaitu belum memiliki media promosi berbahasa Inggris. Hal tersebut menjadi hambatan bagi mitra untuk memasarkan produk dan karya Rumah Kinasih ke pasar internasional yang lebih luas lagi. Tujuan khusus yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mempersiapkan mitra mampu membuat media promosi berbahasa Inggris di Rumah Kinasih, baik di situs web yang telah mereka miliki maupun di akun media sosial Rumah Kinasih. Metode yang akan dipakai untuk mewujudkan tujuan khusus tersebut adalah memberikan pelatihan pembuatan media promosi berbahasa Inggris di Rumah Kinasih dengan memanfaatkan teknologi informasi. Langkah-langkah kegiatan dilakukan terdiri dari 5 tahapan, meliputi: (1) analisis kebutuhan tentang pembuatan media promosi berbahasa Inggris di Rumah Kinasih, (2) pelatihan pembuatan media promosi berbahasa Inggris, (3) pemanfaatan teknologi sebagai sarana pendukung pembuatan media promosi berbahasa Inggris, (4) bimbingan teknis pembuatan media promosi berbahasa Inggris, dan (5) evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam menciptakan media promosi berbahasa Inggris dengan memanfaatkan kemajuan IPTEK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhi, Y. (2013). Merancang media promosi unik dan menarik. Yogyakarta: TAKA publisher.

Jefkins, F. (1994). Advertising. London: Financial Times.

Kasali, R. (2000). Manajemen Pemasaran, Implementasi dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Kotler & Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Madjadikara, A. S. (2004). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Meilinda, A., Hairunnisa, & Sary, K. A. (2018). “Analisis Unique Selling Proposition pada Kegiatan Promosi Rumah Makan Geprek Express.” eJournal Ilmu Komunikasi, Vol. 6, No. 2. Hlm. 28-42.

Shimp, T. A. (2009). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Supada, W. (2020). Efektivitas CSR (Corporate Social Responsibility) dalam Praktik Public Relations. Danapati: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 35-46.

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Zubaidi, Z., Maulidiyah, F., Suharto, R. P., Suyono, A., Suryanto, B., & Hariyanto, S. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PROMOSI BERBAHASA INGGRIS DI RUMAH KINASIH (REHABILITASI PEMBERDAYAAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA ATAU ODGJ) KABUPATEN BLITAR. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7), 730–736. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i7.733