PENYULUHAN KUALITAS PRODUK DAN HARGA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KERUPUK KAMANG PADA KWT UP3HP INDAH SARI DI JORONG LADANG DAREK, NAGARI KAMANG HILIA KEC. MAGEK, KAB. AGAM PROV SUMATERA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v1i2.63Keywords:
Produk, Mutu, KualitasAbstract
Peningkatan kreatifitas pelaku usaha guna menghasilkan produk dengan mutu dan kualitas dalam suatu produk harus selalu ditingkatkan. Perubahan sangat cepat terjadi di dalam ekonomi global akibat disrupsi teknologi dan informasi yang mampu mengubah corak persaingan ekonomi baik lokal maupun internasional. Pada usaha kecil dan menengah ini membawa perubahan yang sangat besar pula sehingga seorang wirausaha dituntut agar dapat meningkatkan kreatifitas dan inovatif dalam memenuhi permintaan pelanggan. Dewasa ini bauran pemasaran dalam memasarkan produk sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap pengusaha. Diperlukan penerapan bauran pemasaran untuk memasarkan produk para wirausaha terutama bagi KWT UP3HP Indah Sari. Mengingat pentingnya bauran pemasaran terhadap wirausaha maka perlu upaya pendampingan untuk bisa bertahan dan bersaing dengan UKM makanan lain dalam memasarkan produknya. Dalam mencari alternatif pemecahan masalah ini, maka diadakan penyuluhan dan pelatihan tentang kualitas produk dan harga. Tujuannya agar bisa menciptakan produk yang berkualitas dan harga yang bersaing. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah penyampaian materi tentang kualitas produk dan harga dengan menggunakan alat bantu laptop dan proyektor dan kegiatan pretest dan postest berupa pertanyaan yang diberikan seelum dan setelah kegiatan penyuluhan selesai. Ini dimaksudkan agar mitra merasakan manfaat dari kegiatan program pengabdian kepada masyarakat
Downloads
References
Afandi, P. (2013). Brand Association Pada Suatu Produk. Jurnal Imliah Among Makarti.
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta. Bandung
Agustina dan Sunrowiyati. 2016. Analisis Faktor Kualitas Produk dan Harga guna Meningkatkan Volume Penjualan pada Usaha Genteng UD Super Blitar
106 Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016) hlm. 104-114
Ahmad Bairizki. 2017. Pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dalam meningkatkan penjualan (Studi kasus UD. Ratna Cake dan Cookies). Jurnal Valid Vol. 14 No. 2, Juli 2017: 71-82
Andi Widiana dan Msslichah Erma. 2010. Dasar-dasar Pemasaran. Karya Putra Darwanti. Bandung
Cornelia Dumarya Manik. 2015. Pengaru Kualitas Produk, harga dan promosi terhadap tingkat penjualan (Studi Pada Perumahan Serpong Garden). KREATIF | Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang | Vol. 3, No.1, Oktober 2015
Feriyanto, N. 2017. Penentuan strategi pemasaran produk'darma karya'dengan menggunakan analisis grand matrix swot. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(01), 44-57.
Kotler, Phillip and Gery Amstrong. 2016. Rinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta
Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Managemen. 15th dition, New Jersey: Pearson Prentice Hall Inc
Surwanti, E. 2012. Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 5(9), 13 – 28.
Purwanti, E. 2012. Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 5(9), 13 – 28.