PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PEMBELANJAAN ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.588Keywords:
Belanja Online, Kesejahteraan Masyarakat, PembelanjaanAbstract
Belanja online sudah mengubah cara berbelanja menjadi lebih mudah, tetapi dunia belanja online tidak semuanya baik. Seiring dengan kemudahan yang ditawarkan dalam berbelanja online terdapat pula beberapa masalah yang masih harus dihadapi oleh pelanggan. Berbelanja online sering dimanfaatkan oleh oknum untuk mencari keuntungan dengan cara yang tidak baik sehingga sering terjadi penipuan yang sangat merugikan konsumen. Penyebab utama penipuan dalam belanja online adalah karena kurangnya kehati-hatian konsumen,mudah tergiur dengan harga murah tanpa mengecek kredibilitas toko online. Untuk itu konsumen perlu berhati-hati dalam melakukan transaksi pembelian online. Kegiatan PKM ini menjelaskan tentang kiat aman berbelanja online, berupa pemberian penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa lebih berhati-hati ketika belanja online dan tidak terlalu konsumtif sehingga uang yang ada dapat dialihkan untuk memenuhi kebutuhan yang lain. Pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena dapat membuat keputusan berbelanja yang lebih bijaksana serta menghemat pengeluaran mereka.
Downloads
References
Aco, Ambo dan Andi Hutami Endang (2017), Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar, Journal uin-alaussin.ac.id., Diakses tanggal 19 Agustus 2019 pada pukul 20.00 WIB.
Harahab, Dedy Ansari dan Dita Amanah (2018), Perilaku Belanja Online di Indonesia: Studi Kasus, Jurnal Riset Manajemen Sain Indonesia (JRMSI), Vol. 9,No.2,https://www.reseachgate.net/publication/328124861_perilaku_belanja_online_di_In donesia_studi_kasus, Diakses 20 Agustus 2019 pukul 11.00 WIB
htttps://id.m.wikipedia.org/wiki/perdagangan elektronik. Diakses 19 Agustus 2019 pukul 09.00 WIB
Irmawati, Dewi (2011), Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis, Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, Edisi Ke VI, November 2011
Liang, T. P., & Lai, H. J.(2002). Effect Of Store Design On Consumer Purchases: An Empirical Study Of On-Line Bookstores. Information and Management, 39(6), 431–444. https://doi.org/10.1016/S0378-7206 (01)00129-X
Ma’ruf, Sabili (2018), Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kegunaan, Persepsi Risiko, dan Kenyamanan Terhadap Sikap Konsumen Dalam Belanja Online (Studi Pada Toko Online Lazada.Com), Universitas Negeri Yogyakarta, Skripsi
Nurwita, Imel (2015), Perancangan Kampanye Waspada Penipuan Saat Belanja Online, https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id. ,Vol. 2, No. 2.
Suyanto, Muhammad (2003), Strategi Periklanan Pada E-commerce Perusahaan Top Dunia, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Turban, E., King, D., Lee, J., & Viehland, D. (2004), Electronic Commerce: A Managerial Perpective, New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Widagdo, Prasetyo Budi (2016), Perkembangan Elektronik Commerce (E-commerce) di Indonesia,researchgate.nrt/publication/311650384/PerkembanganElectronic_Commerce_E- Commerce_di_Indonesia (diakses pada 19 Agustus 2019 pukul 10.00 wib)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.