PERAN MAHASISWA DALAM PEMBANGUNAN DESA MELALUI KULIAH KERJA NYATA TEMATIK DI DESA GENTAN SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i3.411Keywords:
Pembangunan Desa, KKN Tematik, Teknologi InformasiAbstract
Dalam pembangunan desa diperlukan sinergitas berbagai pihak agar mampu berjalan dengan baik dan lancar. Salah satunya dengan adanya kolaborasi antara lembaga Pendidikan Tinggi dengan pemerintahan desa yang diwujudkan melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN merupakan bentuk nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Melalui kegiatan KKN di harapkan para mahasiswa mampu berkontribusi nyata terhadap pembangunan daerah pedesaan melalui pengabdian kepada masyarakat secara langsung. Metode Pengabdian Kepada Masyarakat di lakukan melalui KKN-Tematik dalam bidang Teknologi Informasi yang dilakukan dengan cara sosialisasi, penyuluhan, pendampingan dan pembuatan sistem di Pemerintahan Desa Gentan Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan hasil kegiatan didapatkan suatu kesimpulan kegiatan KKN-Tematik yang dilakukan kelompok mahasiswa STMIK AMIKOM Surakarta berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan program yang telah direncanakan sebelumnya. Selain itu kegiatan KKN tersebut memiiki arti penting bagi masyarakat desa setempat karena mampu memberikan edukasi terhadap warga masyarakat akan pentingnya teknologi informasi di pedesaan, dimana pada masa sekarang warga telah bergantung dengan perkembangan teknologi informasi. Selain itu KKN-Tematik yang dijalankan juga mampu berkontribusi terhadap Pemerintahan Desa Gentan dengan dibuatkannya sistem yang bermanfaat bagi Pemerintah Desa setempat.
Downloads
References
Turmudi, H. (2019). Jati Diri Penggawa Desa. PT Aksara Solopos, Surakarta.
Turmudi, H., & Iksan, M. (2023). Village Development: Transcendental-Based Natural Resources and Environment Utilization Policy. Journal of Transcendental Law, 4(2), 124-133.
Ariadi, A. (2019). Perencanaan pembangunan desa. Meraja Journal, 2(2), 135-147
Samaun, R., Bakri, B., & Mediansyah, A. R. (2022). Upaya Pemerintah Desa Mendorong Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Oluhuta Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 1(1), 18-33.
Riska, R., Fauziah, Y., Hayatunnufus, I., Fatimah, S., Effendi, M., Rayyan, M., ... & Syahrani, S. (2022). Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Di Desa Sungai Panangah Angkatan Xxiii Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Journal of Community Dedication, 2(1), 37-47.
Afnan, D. (2019). Peran Mahasiswa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Kewirausahaan. Journal Signal, 7(2), 156-168.
Muniarty, P., Wulandari, W., Pratiwi, A., & Rimawan, M. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima. JE (Journal of Empowerment), 2(2), 172-182.
Laia, B. (2022). Sosialisasi dampak kegiatan kuliah kerja nyata di desa (studi: Desa Sirofi). Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74-84.
Hadis T. (2020). Teknologi Informasi di Pedesaan. Penerbit Deepublish Yogyakarta.
Asmara, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(1), 1-7.
Nurhadji, N., Maryati, S., Fatihatull, M., & Novi, N. L. (2022). Pengaruh Pendidikan Dan Pendapatan Keluarga Terhadap Kesejahteraan Keluarga Di Desa Sidolaju Ngawi. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 2195-2200.
Adiyani, Z. O. N., Angraini, D. I., & Soleha, T. U. (2017). Pengaruh pengetahuan, pendidikan dan ekonomi terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada Masyarakat Desa Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Jurnal Majority, 7(1), 6-13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.