PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PELATIHAN WUDHU UNTUK PESERTA DIDIK RUMAH TAHFIDZ QUR’AN AL-HASAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.546Keywords:
Pelatihan, Wudhu, YoutubeAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermitra dengan Rumah Tahfidz Qur’an Al-Hasan. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai pada diri peserta didik tentang pentingnya wudhu sebelum beraktifitas termasuk didalamnya menanamkan kebiasaan diri. Berdasarkan observasi lapangan, terdapat permasalahan yakni banyak peserta didik yang minim pengetahuan tentang wudhu dan pelaksanaannya. Permasalahan tersebut terjadi disebabkan rendahnya kesadaran sebagian orang tua peserta didik bahkan peserta didik itu sendiri terhadap manfaat dan pentingnya wudhu, padahal wudhu memiliki manfaat yang sangat besar bagi peserta didik pada saat mereka sedang menghafal al-qur’an dan beraktifitas. Solusi atas permasalahan adalah Memberikan pendampingan pelatihan wudhu dengan memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran untuk peserta didik dengan tujuan untuk menanamkan kebiasaan berwudhu sebelum aktifitas beribadah. Tim pengabdi telah melakukan observasi lapangan agar kegiatan ini terlaksana sesuai dengan kebutuhan masyarakat khususnya untuk peserta didik rumah tahfidz qur’an al-hasan. Dalam Pelaksanaannya, kegiatan ini memberikan manfaat berupa penanaman diri pada peserta didik pentingnya wudhu dalam setiap aktivitas yang dilakukan sekaligus memahamkan kepada peserta didik terkait tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah yang telah diajarkan Rasulullah Saw. Sebanyak 30 peserta didik yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, peserta didik dalam kegiatannya begitu antusias dan menikmati proses kegiatan pelatihan.
Downloads
References
Afif, M. (2016). Urgensi Wudhu dan Relevansinya Bagi Kesehatan ( Kajian Ma ’ anil Hadits ) dalam Perspektif Imam Musbikin. Studi Hadis, 3(2), 215–230.
Afiyah, A., Pratama, M. M., & Nurhasanah, R. (2019). Evaluasi Pengenalan Tata Cara Berwudhu Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Melalui Media Gambar Pada Kelompok B Di Ra Asiah Kota Pekanbaru. Generasi Emas, 2(1), 71. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3303
Haryadi, M. (2019). PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR Haryadi Mujianto Program Studi Ilmu Komunikasi , Peminatan Public Relations , Universitas Garut email : haryadimujianto@uniga.ac.id Pendahuluan Youtube adalah media sosia. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/588
Jamal, K., & Dalimunthe, D. B. (2021). Jurnal An-Nur. 10(2), 62–67.
Lukmawati. (2016). “KETENANGAN” : MAKNA DAWAMUL WUDHU (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang). Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 55–66.
Qadriani, N. L., Hartati, S., & Dewi, A. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(1), 1. https://doi.org/10.36722/jpm.v4i1.841
Rahmasari, H. (2021). Penggunaan Media Youtube sebagai Solusi Media Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 23–41. https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.11362
Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 26–30. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7531
Tohari, H., Mustaji, & Bachri, B. S. (2019). Pengaruh penggunaan YouTube. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 1–13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.