OPTIMALISASI SISTEM PROMOSI ONLINE MELALUI KEGIATAN PELATIHAN PELAKU USAHA KOPI LOKAL DI KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Achmad Syamsudin Universitas Palangka Raya
  • Anike Retawati Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i5.529

Keywords:

Komunitas Pelaku Usaha, Kopi Lokal Palangka Raya, Pelatihan Promosi Online, Pemasaran Produk Lokal

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pada pelaku usaha kopi lokal di kota Palangka Raya, untuk memperkenalkan dan meningkatkan penjualan kopi lokal melalui pemasaran sistem online. Komunitas pelaku usaha kopi lokal berjumlah 30 orang dan dari hasil pelatihan menunjukkan bahwa pentingnya mengikuti perkembangan trends online untuk memasarkan produk melalui promosi di media sosial. Pelatihan dan evaluasi kegiatan dilaksanakan selama satu bulan, dan hasil promosi online dapat mempererat komunitas pelaku usaha serta memperluas pasar produk. Sehingga, hasil ini dapat menjadi acuan para komunitas produk lokal untuk meningkatkan keahlian pemasaran produk secara cepat dan biaya rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiba, F., Nahdiana, N., & Rahayu, P. B. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Shop Brand Mabello Melona Dalam Menarik Minat Konsumen Di Makassar. Journal of Communication Sciences (JCoS). https://doi.org/10.55638/jcos.v4i1.668

Anom, A. S. (2018). Kampanye Promosi Online Sandal Bandol Purwokerto. Ikraith-Humaniora.

Azizah, N., Carolina, P. S., & Alfaizi, M. R. (2020). Pengaruh Penentuan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Produk Lokal. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i2.11263

Halim, B. N., Sa’diyah, A., Fauzi, N. I., Fauzi, U. S., Al Khadziq, M. F., Amalia, M., Solikhah, K., Faqih, A., Awaliyah, S. M., Irawati, W., & Sibyan, H. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK LOKAL UMKM DI DESA GADINGREJO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4044

Herdiana, W. (2018). Media Promosi Produk Kreatif Dengan Media Digital. Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi.

Kristinae, V. (2021). Analisis Customer Satisfying dan Knowledge Sharing Dalam Optimalisasi Formulasi Promotion Pemasaran Produk Lokal di Yogyakarta dan Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i2.41105

Kurnia, I., & Tresna Wiwitan. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Bahagia Kopi melalui Media Sosial Instagram. Bandung Conference Series: Public Relations. https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i1.6782

Malelak, S. L., Setiawan, B., & Maulidah, S. (2021). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Empiris Kepuasan Pelanggan Produk Lokal. Jurnal Internasional Bisnis, Teknologi, Dan Perilaku Organisasi (IJBTOB).

MAS’ARI, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997

Mawardi, I., Nurdin, N., & Zulkarnaini, Z. (2020). INOVASI MESIN-MESIN TEKNOLOGI PASCAPANEN KOPI SEBAGAI PRODUK USAHA INTELEKTUAL KAMPUS POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. https://doi.org/10.20956/pa.v4i1.7068

Nahan, N., & Kristinae, V. (2019). Analisis Media Online sebagai Komunikasi Bisnis pada UKM Pekerja Wanita di Gunung Mas , Kalimantan Tengah. Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis.

Widiartin, T., & Correia, A. M. I. (2022). Sistem Penjualan Produk Berbahan Tais Berbasis Online Di Toko Market Dili. Melek IT : Information Technology Journal. https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v8i1.200

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Syamsudin, A., & Retawati, A. (2023). OPTIMALISASI SISTEM PROMOSI ONLINE MELALUI KEGIATAN PELATIHAN PELAKU USAHA KOPI LOKAL DI KOTA PALANGKA RAYA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(5), 529–534. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i5.529