OPTIMALISASI SISTEM PROMOSI ONLINE MELALUI KEGIATAN PELATIHAN PELAKU USAHA KOPI LOKAL DI KOTA PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i5.529Keywords:
Komunitas Pelaku Usaha, Kopi Lokal Palangka Raya, Pelatihan Promosi Online, Pemasaran Produk LokalAbstract
Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pada pelaku usaha kopi lokal di kota Palangka Raya, untuk memperkenalkan dan meningkatkan penjualan kopi lokal melalui pemasaran sistem online. Komunitas pelaku usaha kopi lokal berjumlah 30 orang dan dari hasil pelatihan menunjukkan bahwa pentingnya mengikuti perkembangan trends online untuk memasarkan produk melalui promosi di media sosial. Pelatihan dan evaluasi kegiatan dilaksanakan selama satu bulan, dan hasil promosi online dapat mempererat komunitas pelaku usaha serta memperluas pasar produk. Sehingga, hasil ini dapat menjadi acuan para komunitas produk lokal untuk meningkatkan keahlian pemasaran produk secara cepat dan biaya rendah.
Downloads
References
Adiba, F., Nahdiana, N., & Rahayu, P. B. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Shop Brand Mabello Melona Dalam Menarik Minat Konsumen Di Makassar. Journal of Communication Sciences (JCoS). https://doi.org/10.55638/jcos.v4i1.668
Anom, A. S. (2018). Kampanye Promosi Online Sandal Bandol Purwokerto. Ikraith-Humaniora.
Azizah, N., Carolina, P. S., & Alfaizi, M. R. (2020). Pengaruh Penentuan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Produk Lokal. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i2.11263
Halim, B. N., Sa’diyah, A., Fauzi, N. I., Fauzi, U. S., Al Khadziq, M. F., Amalia, M., Solikhah, K., Faqih, A., Awaliyah, S. M., Irawati, W., & Sibyan, H. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK LOKAL UMKM DI DESA GADINGREJO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4044
Herdiana, W. (2018). Media Promosi Produk Kreatif Dengan Media Digital. Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi.
Kristinae, V. (2021). Analisis Customer Satisfying dan Knowledge Sharing Dalam Optimalisasi Formulasi Promotion Pemasaran Produk Lokal di Yogyakarta dan Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i2.41105
Kurnia, I., & Tresna Wiwitan. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Bahagia Kopi melalui Media Sosial Instagram. Bandung Conference Series: Public Relations. https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i1.6782
Malelak, S. L., Setiawan, B., & Maulidah, S. (2021). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Empiris Kepuasan Pelanggan Produk Lokal. Jurnal Internasional Bisnis, Teknologi, Dan Perilaku Organisasi (IJBTOB).
MAS’ARI, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997
Mawardi, I., Nurdin, N., & Zulkarnaini, Z. (2020). INOVASI MESIN-MESIN TEKNOLOGI PASCAPANEN KOPI SEBAGAI PRODUK USAHA INTELEKTUAL KAMPUS POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. https://doi.org/10.20956/pa.v4i1.7068
Nahan, N., & Kristinae, V. (2019). Analisis Media Online sebagai Komunikasi Bisnis pada UKM Pekerja Wanita di Gunung Mas , Kalimantan Tengah. Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis.
Widiartin, T., & Correia, A. M. I. (2022). Sistem Penjualan Produk Berbahan Tais Berbasis Online Di Toko Market Dili. Melek IT : Information Technology Journal. https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v8i1.200
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.