PENGENDALIAN HAMA UTAMA KELAPA MENGGUNAKAN AGENS PENGENDALI HAYATI (METARHIZIUM ANISOPLIAE) PADA KELOMPOK TANI LANCAR JAYA DESA PUNGGUR KECIL

Authors

  • Agnes Tutik Purwani Irianti Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Panca Bhakti
  • Hamdani Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Panca Bhakti
  • Sutikarini Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Panca Bhakti
  • Sri Rahayu Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Panca Bhakti
  • Ida Ayu Suci Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Panca Bhakti
  • Rini Suryani Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Panca Bhakti

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.483

Keywords:

Pengendalian Hayati, Metarhizium sp, Oryctes Rhinoceros, Kelapa

Abstract

Mitra dalam kegiatan PKM ini adalah kelompok tani Lancar Jaya. Kelompok tani ini merupakan kelompok tani yang membudidayakan tanaman kelapa berada di Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah penyuluhan dan demonstrasi. Target luaran dari kegiatan PKM yang dilakukan berupa : 1) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam mengenal hama utama tanaman kelapa serta teknik pengendaliannya. 2) Petani kelapa mampu memperbanyak secara sederhana jamur Metarhizium anisopliae di tingkat lapangan. 3). Anggota kelompok tani mau secara bersama-sama melaksanakan pengendaliah hama dengan cara menaburkan jamur Metarhizium anisopliae pada sarang-sarang alami maupun sarang buatan (traping) kumbang tanduk kelapa (Oryctes rhinoceros). Kegiatan ini dilaksanakan di Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya selama kurang lebih 3 bulan, mulai dari bulan November 2022 sampai Januari 2023. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat 1. Berhasil meningkatkan pengetahuan petani peserta dalam mengamati keberadaan hama utama di pertanaman kelapa miliknya, 2. Berhasil meningkatkan ketrampilan petani dalam memperbanyak jamur Metarhizium anisopliae secara sederhana di tingkat lapangan, 3. Berhasil meningkatkan kesadaran petani untuk melaksanakan pengendalian hama secara hayati menggunakan jamur Metarhizium anisoliae.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alouw J. C; M. L. A. Hosang; A. A. Lolong dan J. S. Warokka. 2007. Hama Oryctes rhinoceros: Ekobiologi dan Pengendaliannya. Balai Penelitian Kelapa dan Palma lain. Prosiding Seminar Regional PHT Kelapa. Manado 27 November 2007, hal 147-160.

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat (Ed.). (2021). Provinsi Kalimantan Barat Dalam Angka, “Kalimantan Barat Province in Figures” 2021.

Rinaldi, 2020. Potensi Ekspor Produk Kelapa. https://www.ukmindonesia.id/baca- artikel/288. Diakses 18 Januari 2023.

Ruliyansyah, A. dan Sulistyowati, H. 2021. Identifikasi Perubahan Luas Lahan Perkebunan Kelapa Di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Teknologi Perkebunan dan Pengelolaan Sumber Daya Lahan. Vol 11, No 1 (2021) Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Tanjung Pura.

Salbiah, D., Laoh, J.H., dan Nurmayani. 2013. Uji Beberapa Dosis Beauveria bassiana vuillemin terhadap Larva Hama Kumbang Tanduk Oryctes rhinoceros Coleoptera: Scarabaeidae) Pada Kelapa Sawit. Jurnal Ilmiah Sains Terapan. 4 (2):137-142.

Setyamidjaja, Djoehana. 2008. Bertanam Kelapa. Kanisius. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

Irianti, A. T. P., Hamdani, H., Sutikarini, S., Rahayu, S., Suci, I. A., & Suryani, R. (2023). PENGENDALIAN HAMA UTAMA KELAPA MENGGUNAKAN AGENS PENGENDALI HAYATI (METARHIZIUM ANISOPLIAE) PADA KELOMPOK TANI LANCAR JAYA DESA PUNGGUR KECIL. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 452–458. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.483