PENYULUHAN DAN PELATIHAN PEMASARAN PRODUK KILANG SAGU HARAPAN DI DESA TANJUNG DARUL TAKZIM KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.474Keywords:
Sagu, Pemasaran, Strategi, ProdukAbstract
Penyuluhan dan pelatihan ini bertujuan untuk memperbaiki penguasaan berbagai keterampilan dan teknik pelaksanaan kerja untuk kebutuhan sekarang. Pelatihan yang dilakukan adalah pelatihan menambah keterampilan memproduksi barang dan strategi dalam pemasaran produk. Strategi pemasaran merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Dalam usaha menengah ini tidak lepas dari segmentasi pasar, karena bisnis UMKM ini sudah banyak para pesaingnya. Untuk itu perlu dilakukan Penyuluhan dan Pelatihan Pemasaran Produk Kilang Sagu Harapan untuk Meningkatkan Penjualan dan Daya Saing di Desa Tanjung Darul Takzim Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam penyampaian materi penyuluhan dan pelatihan ini, digunakan beberapa metode antara lain: a. Metode Ceramah, yaitu metode yang digunakan untuk memaparkan materi yang telah disusun oleh penulis b. Metode Tanya Jawab, yaitu metode yang digunakan untuk merespons sejauh mana tingkat pemahaman peserta penyuluhan tentang bahan/materi yang telah disampaikan oleh penulis c. Metode Diskusi, yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan setiap permasalahan yang dikemukakan peserta. Penyuluhan dan Pelatihan Pemasaran Produk Kilang Sagu Harapan di Desa Tanjung Darul Takzim Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti memberikan saran untuk meningkatkan jalur pemasaran agar penjualan dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, dengan semakin luasnya jalur pemasaran diharapkan dapat memberikan harga yang lebih tinggi sehingga akan meningkatkan pendapatan para petani. Acara pengabdian ini dapat berjalan dengan lancar dan para peserta mampu mengikutinya dengan baik. Para peserta mampu mengikuti kegiatan secara baik, hal ini dapat dilihat dari keseriusan peserta dalam memahami materi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan tujuan dan harapan dari kegiatan ini telah sesuai target yang telah ditetapkan.
Downloads
References
Austin, JE. 1992. Agroindustrial Project Analysis Critical Design Factors. EDI Series in Economic Development.The John Hopkins University Press.Baltimore and London.
Beu, N. S., Moniharapon, S., & Samadi, R. L. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada UMKM Toko 48 Pasar Bersehati Manado. 9(3), 1530–1538. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35821
Budy, D. A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. 1(1), 7–22. oai:ojs.jurnal.uta45jakarta.ac.id:article/717
Dewi, D. P. S., & Rahmat, M. (2022). Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Omzet Industri Keripik Di Bandar Labuhan Tanjung Morawa. 1(11), 3037–3042. https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/1877
Harisudin, M. 2013. Pemetaan dan Strategi Pengembangan Agroindustri Tempe Di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. 23 (2):120- 128.
Surani, D., Listiawati, Andini, M., & Mahdy, N. (2020). Pelatihan Macrame Untuk Meningkatkan Keterampilan Ibu-Ibu Rumah Tangga Produktif Di Lingkungan Kelurahan Dalung. 01(02), 143– 152. https://doi.org/http://10.46306/jabb.v1i2.12
Suryana. (2016). Kewirausahaan : Kiat dan Proses Menuju Sukses (4th ed.). http://www.penerbitsalemba.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.