PELATIHAN PENINGKATAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS BERBASIS LOCAL ACTIVITY DI SMP NEGERI WAINGGAI
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.479Keywords:
Kosakata Bahasa Inggris, Local Activity, Pengabdian Kepada MasyarakatAbstract
Dalam pembelajaran bahasa, kemampuan komunikasi penting karena kemampuan komunikasi ini melibatkan nilai-nilai sosial-kultur masyarakat di mana peserta didik berada. Namun, dalam praktiknya pembelajaran bahasa Inggris hanya mencakup sosio-kultural masyarakat Indonesia secara umum, bukan secara khusus di Sumba Timur. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara singkat dengan peserta didik di SMP Negeri Wainggai, peserta didik di Sumba Timur masih merasa bahasa pembelajaran bahasa Inggris sangat sulit. Alasan dari hal ini adalah karena: 1) Struktur bahasa Inggris berbeda dari bahasa yang selama ini mereka tahu, yaitu bahasa Kambera dan bahasa Indonesia; 2) Susah menghafal kata-kata dalam bahasa Inggris karena materi pembelajaran bahasa Inggris berbeda dari apa yang mereka tahu dan alami di keseharian mereka; 3) Pembelajaran bahasa Inggris sangat membosankan. Maka dilaksanakanlah pelatihan peningkatan kosa kata bahasa Inggris berbasis local activity dilakukan di kelas VIII SMP Negeri Wainggai untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris siswa. Diharapkan peserta didik bisa belajar bahasa Inggris dengan gembira karena apa yang dipelajari mereka dalam bahasa Inggris ini sesuai dengan aktivitas yang sering mereka lakukan di rumah dan lingkungan keseharian mereka. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode tutorial dan praktik langsung.
Downloads
References
Lestari, Lelly Puji. 2016. Pembelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs Berbasis Text dan Pendekatan Scientific dalam Kurikulum 2013. Seminar Kajian Bahasa dan Pengajaran (KBSP) VI 2016.
Winiarti, Sri. 2018. Pemanfaatan E-Learning dan Pelatihan Penggunaan Classroom. Laporan Pelatihan. UAD, Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.