SOSIALISASI DAN PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KOPI LIBERIKA DESA KEDABURAPAT KECAMATAN RANGSANG PESISIR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.475Keywords:
Kopi, Pemasaran, Inovasi, Media SosialAbstract
Potensi Produk Kopi Liberika Meranti yang sangat bagus prospek ke depan menimbul tim pengabdian pada masyarakat Magister Manajemen Universitas Islam Riau melakukan kegiatan pengabdian dengan topik Sosialisasi dan Pelatihan Manajemen Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Kopi Liberika Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam penyampaian materi penyuluhan dan pelatihan ini, digunakan beberapa metode antara lain: a. Metode Ceramah, yaitu metode yang digunakan untuk memaparkan materi yang telah disusun oleh penulis b. Metode Tanya Jawab, yaitu metode yang digunakan untuk merespons sejauh mana tingkat pemahaman peserta penyuluhan tentang bahan/materi yang telah disampaikan oleh penulis c. Metode Diskusi, yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan setiap permasalahan yang dikemukakan peserta. Hasil dari pengabdian masyarakat adalah membuat inovasi kemasan berupa cara pengemasan (Packing) yang sesuai dengan standar SNI dan penerapan pemasaran. Para peserta mampu mengikuti kegiatan secara baik, hal ini dapat dilihat dari keseriusan peserta dalam memahami materi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan dapat berjalan dengan baik.
Downloads
References
Dharmmesta, B., S. (2014). Manajemen pemasaran.Jakarta: Grafindo
Julita, J., & Sari, E., N. (2015). Strategi Generik Porter Bagi UMKM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)(Studi Kasus: Pada UMKM di Kabupaten Deli Serdang). Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 1(2).10-20
Khulud, H., & Arifin, Z. (2016). Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Ekspor (Studi Dengan Pendekatan Biaya Pada Komoditi Kopi Di PT. Asal Jaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 32(2), 53-58.
Nurcahyo, F., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan pada restoran McDonald’s Delta Plaza Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(4), 20-30
Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M., A. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1-12.
Pash, W., R. (2015). Analisis Strategi Bersaing pada Industri Fotografi Studi pada Seepic Photoworks (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Sari, K,. M., P., & Kusumadewi, N. M. W. (2016). Analisis Pengaruh Bauran pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Hatten Bali di Kota Denpasar. EJurnal Manajemen, 5(5), 5-15
Winantara, I., M., Y., Bakar, A. B. U., & Puspitaningsih, R. (2014). Analisis Kelayakan Usaha Kopi Luwak di Bali. Reka Integra, 2(3), 40-50
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.