STRATEGI UMKM SUKSES JUALAN ONLINE DI MARKETPLACE

Authors

  • Ali Imron Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Selamet Institut Teknologi dan Bisnis Adias Pemalang
  • Siti Masrokhah Institut Teknologi dan Bisnis Adias Pemalang

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.455

Keywords:

Digital Marketing, E-Commerce, UMKM

Abstract

Dalam dunia usaha, pemasaran termasuk salah satu  hal yang sangat penting yang wajib dilakukan dari suatu produk/jasa yang diciptakan. Seiring dengan perkembangan dari teknologi, strategi yang digunakan dalam melakukan pemasaranpun mulai berubah ke arah yang modern. Jika dahulu untuk media pemasaran dilakukan secara langsung sehingga harus bertemu antara penjual dan pembeli. Sekarang bisa melalui secara online, termasuk dalam hal promosi Jika dulu hanya menggunakan media promosi seperti surat kabar, majalah, radio, ataupun televisi, kini pemasaran sudah dilakukan dengan teknologi internet, atau yang kemudian dikenal dengan istilah digital marketing. Melihat hal tersebut, ITB Adias Pemalang adalah salah satu Perguruan Tinggi yang perduli terhadap lingkungan masyarakat sekitar bekerjasama dengan Diskoperindag Kabupaten Pemalang merencanakan akan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diharapkan mampu menambah pengetahuan dalam hal pemasaran bisnis melalui pemanfaatan e-commerce dan sosial media, serta dapat memotivasi pelaku UMKM di Kabupaten Pemalang agar dapat menjalankan dan meningkatkan usahanya dengan mudah dalam kondisi pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Wardhana, “Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan,” no. August, 2018.

https://pemalangkab.go.id/2022/03/pjt-serahkan-bantuan-dari-kementerian-perdagangan-untuk-umkm-pemalang diakses tanggal 6 Desember 2022

Maulinda Widiawat, Ayu, Anggi Aprilia Pratiwi, & Galang Bimandra. pelatihan digital marketing strategy untuk mencapai kemandirian masyarakat 2019. Vol. 3, No. 1, Hal. 147-157

Rahmi Rosita, “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia”Jurnal Lentera Bisnis, volume 9 No 2 November 2020, http://dx.doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

T. Pradiani, V. Penjualan, and S. Malang, “Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil,” vol. 11, pp. 46–53, 2017.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Imron, A., Selamet, S., & Masrokhah, S. (2023). STRATEGI UMKM SUKSES JUALAN ONLINE DI MARKETPLACE. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 395–399. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.455