MENINGKATKAN KUALITAS PUBLIC SPEAKING PESERTA DIDIK DI MIM DIGDAYA BOLON MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.452Keywords:
Bahasa, Peserta Didik, Public SpeakingAbstract
Kegiatan berupa proyek pengabdian pada sekolah mitra sebagai upaya dari mahasiswa dalam menstranfer ilmu dalam keterampilan berbicara di depan umum atau public speaking. Tujuan dari kegiatan ini agar peserta didik termotivasi dalam terampil berbicara di depan kelas maupun saat mengikuti perlombaan. Kegiatan ini dimulai dari perencanaan proyek, pelaksanaan kegiatan-kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini bekerja sama dengan sekolah mitra, yakni MIM Digdaya Bolon. Hasil dari kegiatan ini adalah bahwa peserta didik semakin berkembang dan terampil dalam berbicara serta adanya kerja sama dengan sekolah mitra dalam pembuatan kanal youtube khusus untuk ekstrakurikuler bahasa Indonesia sebagai bagian dari promosi ke khalayak umum.
Downloads
References
Pateda, M. (2007). Aspek-aspek Psikolinguistik. Ende Flores: Nusa Indah.
Dewi, M.P; Neviyarni; & Irdamurni. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” 7 (1), 1-11.
Nurcandrani, P.S; Asriandhini, B; & Turistiati, A.D. (2020). Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Jurnal Abdi MOESTOPO, 3 (1), 27-31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.