PENYULUHAN LITERASI INTERNET SEHAT DENGAN TEMA “PENGUATAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA BERBASIS KAJIAN FILOLOGIS”

Authors

  • Aziizatul Khusniyah IAIN KUDUS

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i3.437

Keywords:

Literasi, Moderasi Beragama, Filologis

Abstract

Anak usia dini merupakan objek pembentukan akhlakul karimah. Saat ini anak-anak di era cyber internet mudah terdistraksi dengan adanya media sosial. Nilai-nilai agama yang baik perlu diajarkan kepada anak-anak sekolah dasar untuk dikenalkan lebih mendalam tentang agama (nilai moderasi beragama) melalui karya sastra lama. Usia sekolah dasar merupakan usia yang tepat untuk membentuk watak, kepribadian dan karakter. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan penyuluhan bagi siswa SDN 1 Mayong Lor Jepara kelas 6.  Pentingnya penyuluhan literasi internet sehat dengan penguatan nilai-nilai moderasi beragama berbasis kajian filologis adalah untuk siswa memiliki pemahaman yang baik mengenai literasi internet sehat melalui penguatan nilai-nilai moderasi beragama berbasis kajian filologis.Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barried, Baroroh. Pengantar Teori Filologi. Pusat Pembinaan Dan Pegembangan Bahasa Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1985.

Darusuprapta. Naskah-Naskah Nusantara Dan Beberapa Gagasan Penanganannya. Yogyakarta: Javanologi, 1984.

Djamaris, Erward. Metode Penelitian Filologi. Jakarta: CV Manasco, 2022.

Fathurahman, Oman. Filologi Indonesia : Teori Dan Metode. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Herlinda, H., & Prasetya, R. “Memantau Anak Dan Smartphone Untuk Keamanan Akses Internet Warga Pondok Labu–Jakarta.” Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2018).

Isparmo. “Data Statistik Pengguna Internet Di Indonesia 2017 Berdasarkan Survey APJII Pembicara Internet Marketing SEO: Konsultan Training Pelatihan SEO,” 2018. http://isparmo.web.id/2018/08/01/data-statistik-pengguna-internet-di-indonesia-2017-berdasarkan-survey-apjii/.

“Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

Loir, Henri Chambert, and Oman. Fathurahman. Khazanah Naskah: Panduan Koleksi Naskah-Naskah Indonesia Sedunia. Jakarta: Yayasan Hidayatullah, 1996.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Khusniyah, A. (2023). PENYULUHAN LITERASI INTERNET SEHAT DENGAN TEMA “PENGUATAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA BERBASIS KAJIAN FILOLOGIS”. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 344–350. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i3.437