PELATIHAN PENINGKATAN PENGUASAAN VOCABULARY DENGAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE BAGI ANAK ANAK DI PANTI ASUHAN INSAN BERSERI MAOSPATI

Authors

  • Lidia Deviga Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Radian Arum Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i3.432

Keywords:

Total Physical Response Strategy, Vocabulary

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan vocabulary pada materi Things Around  pada anak anak di panti asuhan Insan Berseri Maospati Magetan. Total Physical Response adalah metode yang digunakan untuk belajar vocabulary dengan tujuan mengajarkan keterampilan bahasa lisan bagi anak anak. Dengan demikian anak anak mengerti bahasa lisan sebelum mengembangkan  ketrampilan berbicara dalam komunikasi. Kegiatan ini dilaksanakan  melalui  dua siklus, yang terdiri dari perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak anak panti asuhan Insan Berseri Maospati Magetan dengan jumlah anak sebanyak 22 orang, dengan rincian 18  putri dan 4 putra. Dari hasil analisis data rata rata dari penelitian ini adalah, penguasaan vocabulary pada materi Things Around pada siklus 1 sebesar 65.75 dan rata rata nilai penguasaan vocabulary pada materi things around  pada siklus 2 sebesar 78.78. Dari data hasil belajar dapat dikatakan bahwa hasil pembelajaran penguasaan vocabulary pada materi things around school pada siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 13%.  Dan berdasarkan hasil analisi data pada materi things around  anak anak di panti asuhan Insan Berseri Maospati meningkat melalui penerapan pembelajaran total physical response.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahrurrozi. (2017). Improving Students ’ Vocabulary Mastery by Using Total Physical Response, 10(3), 118–127. https://doi.org/10.5539/elt.v10n3p118

Fauziati, Endang. 2010. Teaching English As a Foreign Language. Surakarta: Era Pustaka Utama.

Indihadi, D., Zaenuddin, E., & Gusrayani, D. 2012. Pembinaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua. Diperoleh 14 November 2015, dari upi.file.ac.id Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Semarang : Rasail Media Group

Larsen-Freeman, Diane.2000. Techniques and Principles in Language Teaching. New York: Oxford University Press

Nur Indria Ningsih. 2013. Pengaruh Metode Tpr (Total Physical Response) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Materi Pokok Activity Siswa Kelas III MI Badrussalam Surabaya. Paper

Stakanova E., & Tolstikhina, E. (2014). Different Approaches to Teaching English As A Foreign Language to Young Learner.Procedia Social and Behaviour Science Vol. 146. pp. 456-460. Diakses dari: www. sciencedirect.com

Styoningsih S. 2016. Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode TPR pada Anak Usia Dini. Vol 4 no 1 2016. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/4274

Suyadi. 2010. Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani.

Aryani, Dessy, Made Yudana, Nyoman Natajaya. 2014. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Arcs Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V Di Sd N 1 Sumerta Tahun Ajaran 2013 / 2014. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan Volume 5.

Basri, Hasan, M. Rasyid Ridla & Abd. Wahed.2014. Strategi Belajar Kosakata Bahasa Inggris (English Vocabulary) Mahasiswa Tbi Stain Pamekasan. OKARA, Vol. 2, Tahun IX.

Rediasih, Luh, I Wayan Suwatra, Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2.

Setiawati, Yuli, I Wayan Lasmawan, A.A.I. N.Marhaeni. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Thogeter ( Nht ) Terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau Dari Sikap Sosial Pada Siswa Kelas V Di Gugus Iv Manggis. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar Volume 5.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Deviga, L., & Arum, R. (2023). PELATIHAN PENINGKATAN PENGUASAAN VOCABULARY DENGAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE BAGI ANAK ANAK DI PANTI ASUHAN INSAN BERSERI MAOSPATI. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 337–343. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i3.432