PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN PELAJAR TERKAIT HIV/AIDS DAN PEMBENTUKAN KADER KESEHATAN REMAJA

Authors

  • Muhammad Fauzi Program Studi Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Samawa
  • Endang Setiawaty Program Studi Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Samawa
  • Mita Farilya Program Studi Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Samawa

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i3.415

Keywords:

Pengetahuan, Pelajar, HIV/AIDS, Kader Kesehatan Remaja

Abstract

Penyakit HIV/AIDS dapat disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency Virus. Jumlah kasus penderita HIV AIDS semakin meningkat dari tahun ke tahun. Remaja yang terinfeksi HIV AIDS di Indonesia menunjukkan angka yang cenderung meningkat dipicu oleh ketidaktahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Pengetahuan cara penularan HIV AIDS sangat penting untuk mendorong remaja terhindar dari HIV AIDS. Pemberdayaan remaja dalam membangun hidup sehat melalui kader kesehatan remaja dan penyuluhan kesehatan reproduksi diharapkan dapat berdampak terhadap turunnya angka kejadian HIV AIDS di kalangan remaja. Tujuan kegiatan adalah terbentuknya kader kesehatan remaja yang mampu memberikan informasi kesehatan kepada teman sebaya khususnya tentang HIV dan AIDS sehingga akan meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi dan bahaya HIV AIDS. Jenis kegiatan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan adalah dengan melakukan pembentukan kader kesehatan remaja dan melakukan penyuluhan kesehatan HIV AIDS. Hasil luaran dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi dan terbentuknya kader kesehatan remaja sehingga mampu memberikan infomasi kesehatan reproduksi terutama bahaya HIV AIDS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Flora H, Kolibu FK, Maramis FRR., (2019) Pengaruh pemberian penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan pencegahan HIV/AIDS di SMK Negeri 1 Likupang Barat. Jurnal IKMAS, 4(1),1-7.

Izah, N., Zulfiana, E., & Qudriani, M. (2019). Pembentukan kader KRR pada siswa SMK, E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 111-115.

KementerianKesehatan Republik Indonesia, Kampanye Bulan Viral Load : Pentingnya mengetahui Status Pengobatan ARV pada ODHA Melalui Pemeriksaan Viral Load HIV, Artikel Kemenkes Pada 29 September 2020 diakses 10 Juli 2021.

Kurniawati, H. F., & Rohmah, F. (2019). Pembentukan Kare (Kader Remaja) Peduli HIV dan Aids di Kalintung Temon Kulon Progo, Jurnal Pengabdian “ Dharma Bakti “ 2(1), 66–72.

Muflihatin, I., & Swari, S. J. (2017). Pencegahan perilaku seks bebas dan HIV/AIDS pada remaja melalui penyuluhan tentang kesehatan reproduksi remaja dan pembentukan Kader Kesehatan Remaja di MTs Nurul Islam Panti Jember, Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat 2017, 142–145, ISBN : 978-602-14917-4-4.

Rahmati, Iis, Dini Kurniawati, Murtaqi, Pengetahuan HIV/AIDS Pada Remaja HIV/AIDS Melalui Metode Bibliotherapi Ditinjau dari Jensi Kelamin di Puskesmas Puger Jember, Jurnal Kesehatan Reproduksi, 11 9(1) 2030;37-44.

Downloads

Published

2023-03-19

How to Cite

Fauzi, M., Setiawaty, E., & Farilya, M. (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN PELAJAR TERKAIT HIV/AIDS DAN PEMBENTUKAN KADER KESEHATAN REMAJA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 305–309. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i3.415