PERANCANGAN DAN PENYUSUNAN SOP & JOB DESCRIPTION PADA PT. KARIMUN SENTRAL MOBIL

Authors

  • Novita Universitas Internasional Batam
  • Lady Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i3.403

Keywords:

SOP, Job Description, SDM

Abstract

PT. Karimun Sentral Mobil merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang sewa beli yang telah berdiri sejak tahun 2015 di kota Batam,  Dalam aktivitas operasional perusahaan tidak terhindar dari yang namanya kegagalan ataupun kesalahan kerja, kesalahan kerja bisa dipengaruhi oleh SDM atau sumber daya perusahaan dimana kurang jelasnya urutan pekerjaan dan kurangnya standar atau panduan yang jelas bagi setiap tenaga kerja dalam menyelesaikan pekerjaan dan jika pembagian urutan pekerjaan tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan maka hal tersebut dapat mempengaruhi ekfektivitas operasional perusahaan. Oleh karena itu dengan adanya job description diharapkan dapat mencegah terjadinya perbedaan pengertian antara setiap jabatan sumber daya perusahaan satu dengan yang lainnya. Selain itu job description juga berfungsi untuk mencegah adanya rangkap pekerjaan, dan memahami batasan wewenang dan tanggung jawab berbagai jabatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani, P., & Hati, S. W. (2021). Design of Standard Operating Procedures (Sop) and Implementation At Pt Bsp. Journal of Applied Business Administration, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.30871/jaba.v5i1.2198

Artini, N. M. W. D., Suarja, I. K., Sadguna, I. G. A. J., & Sudarmini, N. M. (2020). Implementing SOP to Improve Butler Performance. International Journal of Glocal Tourism, 1(1), 44–50.

Datta, N., Pal, M., Roy, U., Mitra, R., & Pradhan, A. (2020). a Review on Standard Operating Procedure (Sop). World Journal of Pharmaceutical Research, 9(5), 704–722. https://doi.org/10.20959/wjpr20205-17356

Marlina, L., Setyoningrum, N. G., Mulyani, Y. S., Permana, T. E., & Sumarni, R. (2021). Improving Employees Working Discipline With Punishment, Reward, and Implementation of Standard Operational Procedures. Perwira International Journal of Economics & Business, 1(1), 37–43. https://doi.org/10.54199/pijeb.v1i1.44

Klein, A. A., Meek, T., Allcock, E., Cook, T. M., Mincher, N., Morris, C., Nimmo, A. F., Pandit, J. J., Pawa, A., Rodney, G., Sheraton, T., & Young, P. (2021). Recommendations for standards of monitoring during anaesthesia and recovery 2021: Guideline from the Association of Anaesthetists. Anaesthesia, 76(9), 1212–1223. https://doi.org/10.1111/anae.15501

Lacap, J. P. G., Cham, T. H., & Lim, X. J. (2021). The Influence of Corporate Social Responsibility on Brand Loyalty and The Mediating Effects of Brand Satisfaction and Perceived Quality. International Journal of Economics and Management, 15(1), 69–87.

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Novita, N., & Lady, L. (2023). PERANCANGAN DAN PENYUSUNAN SOP & JOB DESCRIPTION PADA PT. KARIMUN SENTRAL MOBIL. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 277–284. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i3.403