MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA IBU-IBU DI DESA OMBE BARU KEDIRI LOMBOK BARAT DENGAN MENGOPTIMALKAN FACEBOOK MARKETPLACE

Authors

  • Asri Oktiani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
  • Suharti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
  • Herry Syafhariawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
  • Ilham Khalid Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
  • Bagus Tri Suandana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.299

Keywords:

Wirausaha, Media Sosial, Marketplace

Abstract

Penyuluhan dan motivasi untuk menumbuhkan minat ibu-ibu didesa Ombe Baru dengan mengoptimalkan Facebook Marketpace sangat dibutuhkkan untuk meingkatkan minat berwirausaha. Dari hasil kegiatan didapat kesimpulan bahwa keingian ibu-ibu untuk berwirausaha sangat tinggi namun adanya ketakutan mengenai modal dan cara promosi yang masih minim dilakukan. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme peserta penyuluhan dan tim penyuluh juga memberikan beberapa pertanyaan diskusi dengan tujuan dan memastikan bahwa peserta memahami apa yang telah disampaikan, selain diskusi juga ada sharing pengalaman dari ibu-ibu yang memiliki usaha dan bagaimana mempertahankan usahanya. Hasil akhir dari kegiatan ini menunjukkan bahwa ibu-ibu peserta penyuluhan telah memiliki pengetahuan mengenai bagaimana memulai sebuah usaha dan melakukan promosi terhadap produk yang akan diual dengan memanfaatkan media sosial yang selama sangat dikenal dan sering digunakan oleh ibu-ibu, tentunya diharapkan dengan bekal pengetahuan akan tumbuh minat berwirausaha di benak ibu-ibu di Desa Ombe Baru Kecamatan Kediri Lombok Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hapsari, T. P. (2019). Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga Melalui Kegiatan Usaha Mandiri. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, November, 385–390.

Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246

Setiawati, E., & Rozinah, S. (2020). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.30651/aks.v4i2.2611

Siahaan, M. (2022). Penyuluhan Masyarakat Kewirausahaan Bidang Ekonomi Kreatif Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Desa Sriamur, Tambun Utara, Bekasi. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 106–121. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i2.10

Siahaan, S. V. br, & Vuspitasary, B. K. (2022). Pelatihan kewirausahaan bagi wanita desa Sebetung menyala Kalimantan Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 269–278.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Oktiani, A., Suharti, S., Syafhariawan, H., Khalid, I., & Suandana, B. T. (2023). MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA IBU-IBU DI DESA OMBE BARU KEDIRI LOMBOK BARAT DENGAN MENGOPTIMALKAN FACEBOOK MARKETPLACE. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 141–145. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.299