PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS GUNUNG MELETUS PADA TEMA ALAM SEMESTA
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.274Keywords:
Media Pembelajaran, Sains, Gunung MeletusAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembuatan media pembelajaran sains gunung meletus pada tema alam semesta. Kegiatan ini dilaksanakan di KB Qur’ani Tembeng Putik. Peserta pelatihan dan pendampingan adalah semua guru KB Qur’ani Tembeng Putik dan 16 guru dari sekolah lain. PKM ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu; persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Media pembelajaran sains berupa miniatur gunung meletus pada tema alam semesta. Pengumpulan data melalui dokumentasi dan evaluasi proses dan produk. Target produk yang diharapkan adalah miniature gunung meletus yang dibuat sesuai dengan kriteria bentuk yang ditargetkan, berfungsi dengan baik, dan kreativitas dalam memodifikasi bentuk. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa ; (1) kegiatan pendampingan dapat terlaksana dengan baik, (2) dihasilkan produk berupa media pembelajaran sains sesuai dengan target, (3) guru sudah menunjukkan penambahan wawasan dalam membuat media pembelajaran sains gunung meletus untuk anak usia dini.
Downloads
References
Imamuddin. M, L. Nihayati, T.W Nugroho, W.B. Murti, L. Saadah, D. Kurniasari. 2021. Pendampingan Pembuatan Alat Permaianan Edukatif Topik Ekologi Berbasis STEAM Pada Kelompok Guru PAUD Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro. Transformasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vo.17, No. 1
Lesmana. C, Hartono, Permana.R, Matsun. 2018. Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Jurnal Al-Khidmah
Nisfa.N.A. 2022. Pembelajaran Sains Inquiry Pada Anak Usia Dini. Tinta Emas, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 1, No.1
Nugraha dan D. Dwiyana (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung : Jilsi Foundation
Putri. (2019). Pembelajaran Saims Untuk Anak Usia Dini. Bandung : Royyan Press
Samatowa. U dan Sani. R.A. 2019. Metode Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Edisi Revisi. Tangerang : TSMart
Suryaningsih.N.A, Cahaya.M.E, Poerwati. C.E. 2016. Implementasi Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol.5, No.2
Susanti. R. 2013. Meningkatkan keterampilan Proses Sains Melalui Pendekatan Inquiri. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, Vol. 8, No.1
Sunni. A dan Islami. 2020. Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran “Tabung Resonansi” Untuk Guru Fisika Di SMK Al Amin Kilang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 2, No. 2