PENGGUNAAN BAHAN ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI DI TK AYLA KABUPATEN MUNA

Authors

  • Siti Misra Susanti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Asma Kurniati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Hartati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rachman Saleh Universitas Muhammadiyah Buton
  • Warda Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.241

Keywords:

Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Bahan Alam

Abstract

Pembelajaran dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu pembelajaran yag dilakukan di rumah pada masa pandemi Covid-19 dengan guru mengunjungi murid-muridnya merupakan hal paling penting menuju perubahan. Pembelajaran ini memanfatkan bahan sekitar berupa daun-daun yang digunakan dalam pembelajaran. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah. Untuk memperoleh informasi yang valid pengabdi berkomunikasi dengan guru dan orang tua anak melalui Aplikasi WhatsApp. Metode ini dilakukan untuk memberikan informasi tentang pemanfaatan bahan alam sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. S. Rasyid Karo-Karo, D. Tetap Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN-SU Medan, D. Tetap Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK UIN-SU Medan, and J. v Williem Iskandar Pasar Medan Estate, “MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Oleh.”

K. Dewi et al., “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.”

V. M. Oktari, “Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang,” 2017.

N. Fauziah, “Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Pg Paud Fip Universitas Negeri Jakarta,” 2013.

A. Marcia and N. Nurhafizah, “Problematika Penerapan Sistem Belajar Daring dan Luring Terhadap Anak pada Masa Pandemi Covid 19 dan New Normal,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 2610–2618, Jan. 2022, DOI: 10.31004/obsesi.v.6i4.2206.

M. Meriyati, C. W. Kuswanto, D. D. Pratiwi, and E. Apriyanti, “Kegiatan Menganyam dengan Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 729, Aug. 2020, DOI: 10.31004/obsesi.v.5i1.667.

W. Trisnawati and S. Sugito, “Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 823–831, Aug. 2020, DOI: 10.31004obsesi.v.5i1.710.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Susanti, S. M., Kurniati, A., Hartati, H., Saleh, R., & Warda, W. (2023). PENGGUNAAN BAHAN ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI DI TK AYLA KABUPATEN MUNA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–31. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.241